20 siswa MTs N 1 Banjarnegara Ikuti Kompetisi AKM Tingkat Nasional

Banjarnegara – Kamis (22/4), 20 siswa MTs N 1 Banjarnegara mengikuti kompetisi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). 20 siswa ini merupakan kelas VIII A sampai dengan H yang dipilih mewakili MTs N 1 Banjarnegara untuk mengikuti kompetisi AKM tingkat nasional. Pemilihan peserta kompetisi ini berdasarkan hasil tryout AKM yang sudah dilaksanakan 2-3 Maret  lalu. Pemilihan siswa berdasarkan nilai tryout tertinggi.

Kompetisi AKM ini diadakan oleh Bimbel Bintang Pelajar. Bimbel Bintang Pelajar ini mengadakan kompetisi  AKM untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK. Pelaksaaan kompetisi ini dibagi perwilayah yaitu wilayah Banten, wilayah Jawa Barat, wilayah Jawa Tengah Jawa Timur DIY dan Sumatra, dan wilayah Pulau Kalimantan Sulawesi Nusa Tenggara Bali Maluku dan Papua. Pelaksanaan lomba AKM ini diurutkan waktunya berdasarkan pembagian wilayah mulai dari tanggal 19-23 April 2021.

Lomba dengan nama Kompetisi Nasional Literasi Membaca & Numerasi BP 2021 ini diikuti kurang lebih 7000 pesetra dari semua jenjang. Untuk MTs sendiri diikuti oleh kurang lebih 250 siswa. Para siswa bersaing sehat meskipun dalam pandemi yang belum usai. Pelaksanaan kompetisi AKM ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi bintang pelajar.

Materi yang dilombakan dalam lomba AKM ini adalah numerasi dan literasi membaca. Estu dan Farida selaku pembimbing AKM numerasi dan literasi membaca turut mendampingi pelaksanaan lomba. Para peserta lomba datang ke madrasah dengan tetap mematuhi rotokol kesehatan.

“Pelaksanaan lomba AKM ini dilaksanakan di madrasah supaya kami bisa memantau mereka secara lngsung. Peserta lomba kelas VIII tentunya datang ke madrasah dengan tetap memtuhi protokol kesehatan. Sebelum para siswa mengikuti lomba saya dan Bu Farida sudah membimbing mereka melalui les AKM,” tutur Estu.

Kompetisi ini bisa diikuti oleh perwakilan sekolah dan juga individu dengan ketentuan pewakilan sekolah maksimal setengah dari peserta AKM di sekolahnya. Pelaksanaan kompetisi AKM ini merupakan permulaan yang selanjutnya bagi peserta yang lolos dengan nilai tinggi akan melaksanakan kompetisi lanjutan. Bagi peserta pewakilan sekolah yang lolos akan diuji kembali secara individu hingga mendapatkan juara.

“Harapannya pada tahap pertama ini perwakilan MTs N 1 Banjarnegara mendapat nilai yang bagus sehingga bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya,” ucap Estu (rn/ak)