Andara: Belajar Bahasa Indonesia Sangat Mengasyikkan

Banjarnegara – Pelajaran bahasa Indonesia bukan hanya sekedar mempelajari teori saja, namun perlu adanya latihan dan praktik. Praktik itu dapat dilakukan dengan cara berbicara atau berinteraksi langsung bersama orang lain. Wawancara merupakan kegiatan yang tepat untuk dapat memperlancar keterampilan dalam berbicara.

Salah satu guru mata pelajaran bahasa Indonesia di MTs Negeri 2 Banjarnegara, Surya Widhi Prakosa pada pertemuan sebelumnya telah menyampaikan materi pembelajaran dengan materi teks berita. Pada kesempatan kali ini, dirinya menguji peserta didik kelas VIII H untuk praktik menulis berita.

“Saya memandang anak-anak telah memahami dan menguasai materi teks berita. Untuk itu pada kesempatan yang baik ini saya menguji mereka untuk menulis teks berita berkaitan dengan peristiwa yang terjadi di lingkungan MTs Negeri 2 Banjarnegara. Harapan saya, dengan praktik menulis berita, mereka mendapatkan informasi atau wawasan terkait madrasah mereka atau informasi lain. Pada dasarnya, Bahasa Indonesia ini bukanlah termasuk ke dalam mata pelajaran yang banyak terdapat penjelasan secara teori. Akan tetapi lebih pada latihan, praktik, dan pengimplementasiannya dalam aktivitas sehari-hari.” jelasnya saat ditemui di ruang guru pada Jumat (12/8).

Andara yang merupakan salah satu peserta didik kelas VIII H MTs Negeri 2 Banjarnegara, dirinya mengaku bahwa saat belajar bahasa Indonesia ternyata sangat mengasyikkan.

“Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk praktik menulis berita. Saya mewawancarai kakak kelas yaitu Amalia Ramadhani dari kelas IX G yang sedang berolah raga yaitu memainkan bola voli. Menurut saya Mba Amalia sangat ramah, saya menjadi kenal karena ada tugas pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Di samping pintar memainkan bola voli Mba Amalia ternyata juga lihai bermain bola basket. Banyak hal yang kami bicarakan, karena saya dituntut untuk memperoleh pokok-pokok berita. 5 W + 1 H sebisa mungkin saya dapatkan, agar saya dapat menulis berita. Dengan tugas ini saya menjadi mengetahui informasi yang sebelumnya saya belum ketahui. Bagi saya belajar bahasa Indonesia sangat mengasyikkan.” ungkap Dwi Andara. (sn/swp)

Bagikan :
Translate »