Asyiknya Belajar Warna Dalam Bahasa Inggris Dengan Media Papan Huruf

Banjarnegara – Materi Colors ini adalah bagian dari vocabulary bahasa inggris yang paling dasar atau basik, biasanya diajarkan di sekolah dasar atau taman kanak-kanak. Belajar bahasa Inggris itu sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Apalagi bila menggunakan media yang tepat. Seperti yang di lakukan oleh Atun Farida guru kelas 1 MI Islamiyah 01 Rakit yang pada hari Kamis (27/10) melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris dengan tema colors menggunakan media papan huruf.

Media papan huruf adalah alat yang menggunakan papan dari sterovoom sebagai tempat untuk memajang huruf-huruf yang terpasang pada sebuah kartu huruf yang berbentuk lingkaran dan di beri penyangga dari steek ice cream yang berwarna-warni sehingga menarik bentuknya.

Dalam praktiknya anak-anak di panggil satu persatu untuk memasangkan huruf-huruf sesuai dengan warna yang tersedia pada papan.

Menurut Atun Farida mengatakan bahwa pada materi ini anak-anak selain mempelajari dan mengetahui berbagai macam warna juga merupakan salah satu dari tahap untuk melancarkan pengenalan huruf dan membaca pada siswa kelas 1. “ Saya menggunakan papan huruf sebagai media karena agar anak-anak lebih semangat belajar mengenal warna dalam Bahasa inggris juga supaya melancarkan kemampuan mereka dalam membaca dan mengenal huruf” jelasnya.

Pengenalan warna bagi anak-anak juga merupakan pembelajaran mengenal benda-benda sekitarnya yang berwarna. Dengan mengetahui warna, maka anak bisa mengenal berbagai bentuk benda dengan warna dasarnya.

Kegiatan pembelajaran hari ini kelihatan sangat efektif karena selain anak-anak semangat, gembira, dan juga lebih lancar membaca serta memahami aneka warna dalam Bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Seperti yang di katakana oleh salah satu siswa yang bernama Muhammad Yakhsyalloh Al Ghozali “ Aku suka sekali belajar Bahasa inggris karena bu guru pakai alat yang seperti ice cream”.

Begitulah anak-anak usia kelas 1 yang masih senang bermain, menjadi salah satu alasan menuntut kreativitas bagi guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang di selingi dengan permainan atau sesuatu yang menarik agar mereka cepat memahami apa yang akan di sampaikan sekaligus tercapainya tujuan pembelajaran. (af)

Bagikan :
Translate »