Atasi Kejenuhan PJJ, MA Nurul Hikmah Adakan Kegiatan Jelajah Alam

Banjarnegara – Mengatasi kejenuhan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi, MA Nurul Hikmah Kalibening, Kabupaten Banjarnegara adakan kegiatan Jelajah Alam.

Kegiatan Jelajah Alam ini rencananya akan dilaksanakan setiap dua minggu sekali. Adapun kegiatan Jelajah Alam yang pertama adalah Telaga Biru Desa Sirukem Kalisatkidul Kecamatan Kalibening yang telah dilaksanakan pada hari minggu, (31/1). Sedangkan yang kedua ke Gunung Mendala, yang terletak di Desa Karanggondang Kecamatan Karangkobar. (21/2)

Kegiatan Jelajah Alam diikuti oleh semua siswa kelas X, XI dan XII, dan dipandu oleh Kaono, Guru Mapel Ke-NU-an, dan dan dibantu oleh pengurus OSIS. “Banyak respon positif dari siswa-siswi kami. Beberapa diantara mereka yang tadinya sudah pergi kerja ke Jakarta, mereka mengikuti PJJ dari tempat kerja mereka, kini dengan adanya kegiatan Jelajah Alam mereka pulang kampung dan aktif mengikuti kegiatan ini,” papar Kaono.

Kaono, dalam kegiatan ini menghimbau agar siswa-siswinya untuk tidak mencemari alam dengan cara membuang sampah sembarangan. Mereka diharuskan membawa plastik untuk membungkus semua sampah yang mereka timbulkan dan membawa kembali ke tempat-tempat yang memang diperuntukkan untuk membuang sampah. “Kegiatan Jelajah Alam inipun juga diselingi kegiatan semacam Pembelajaran Di Luar Kelas, yakni dengan lebih mengenal lingkungan alam sekitar berupa keanekaragaman flora dan fauna yang mereka jumpai selama perjalanan,” ucapnya.

Diharapkan kegiatan ini akan terus dilaksanakan untuk mengurangi kejenuhan pada anak selama pandemi. Dan sebagai pantauan guru terhadap keaktifan siswa-siswi karena pembelajaran online tidak seratus persen dapat terlaksana dengan baik dengan banyaknya kendala, seperti masalah jaringan, ketiadaan paket data, dan lain-lain. (SG/ak)