Baznas dan Kemenag Banjarnegara Sinergikan Program Zakat

Banjarnegara – Mengawali tugasnya sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto melakukan silaturahmi dengan berbagai organasasi pemerintah yang ada di Banjarnegara, salah satunya adalah Baznas. Dalam acara silaturahmi tersebut, Kakakakemanag didampingi Kasubbag TU, Sumarna dan Kasi PD Potren, Zahid Khasani disambut oleh Ketua Baznas Banjarnegara, Sutejo Slamet Utomo di aula indoor Baznas. (27/1)

Kakankemenag, Agus Suryo Suripto menyatakan bahwa maksud silaturahmi dengan Baznas ini untuk memperkenalkan diri sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara yang baru sekaligus ingin mensinergikan beberapa program.

“Program Kementerian Agama ini banyak sekali yang bersinggungan dengan program di Baznas, terutama terkait dengan urusan kemaslahatan umat. Oleh karenanya lebih baik apabila ada sinergitas antara Kementerian Agama dan Baznas”, tambahnya.

Perlu diketahui bahwa Unit pengumpul Zakat (UPZ) Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara pada tahun 2020 yang lalu berhasil mengumpulkan zakat sekitar 1,2 Milyar. Jumlah yang sangat besar untuk dikelola untuk kemaslahatan umat.

Sementara itu, Ketua Baznas, Sutejo Slamet Utomo menyatakan selamat datang Kepala Kantor Kementerian Agama di kota gilar-gilar, Banjarnegara, semoga nyaman dan betah disini.

“Perlu disampaikan bahwa potensi zakat di Kabupaten Banjarnegara sendiri sekitar 11 Milyar pertahun, Alhamdulillah pada pada tahun 2020, Baznas Banjarnegara berhasil mengumpulkan hampir 10 milyar. Dan Alhamdulillah juga masuk kedalam 7 besar pengumpul zakat di Jawa Tengah”, kata ketua Baznas.

Kami berharap kepada Kementerian Agama untuk bisa memberdayakan penyuluh agama yang tersebar di berbagai kecamatan agar bisa menjelaskan pentingnya zakat sampai ketingkat yang paling bawah yaitu RT. Hal ini lantaran Baznas Karanganyar yang merupakan pengumpul zakat terbesar di Jawa Tengah telah melakukan hal ini. Tentunya dengan melakukan hal ini akan bisa meningkat potensi zakat di Kabupaten Banjarnegara.

Dan semoga sinergitas Kementerian Agama dan Baznas bisa meningkatkan potensi zakat di Banjarnegara yang sangat besar dan bisa bersama-sama memberdayakan masyarakat melalui pentasharufan zakat. (AK)