Belajar Demokrasi Sejak Dini melalui Pemilihan Ketua OSIM

RAKIT – MTs Negeri 3 Banjarnegara mempunyai cara sendiri dalam melatih siswanya untuk menerapkan demokrasi sejak dini. Salah satunya melalui pemilihan ketua dan wakil ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) periode 2019/2020 yang digelar layaknya Pemilihan Umum (Pemilu).

“Pemilihan calon ketua dan wakil ketua OSIM pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini di laksanakan dengan cara mencoblos layaknya pilkada. Yang mana ini penting untuk di jadikan sarana pembelajaran sekaligus bekal di masa yang akan datang bagi siswa dan siswi MTs Negeri 3 Banjarnegara agar lebih jeli dan teliti dalam memilih pemimpin yang amanah dan bertanggungjawab, “ ujar Akhun Sobari selaku Waka Kurikulum saat membuka kegiatan tersebut di halaman madrasah, Selasa (29/10).

Tidak hanya siswa, namun guru beserta karyawan ikut dilibatkan dalam pemilihan tersebut. Ada 2 pasangan calon kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIM kali ini. Mereka  merupakan putra dan putri dari kelas VIII  yakni Dwi Adinda Putri berpasangan dengan Anggoro Ridwan Maulana sebagai paslon nomor urut 01 dan Vita Amalia berpasangan dengan Wafa Bagus Rahyana sebagai paslon nomor urut 02.

Akhun menyampaikan , hindari money politik dan pilih lah paslon yang menurut kalian mempunyai visi dan misi yang tepat untuk kemajuan madrasah satu tahun ke depan.

“Kepada para calon yang nantinya terpilih menjadi ketua dan wakil ketua OSIM periode 2019/2020 agar melaksanakan tugasnya dengan maksimal dengan penuh tanggung jawab dan harus di niati ibadah kepada Allah SWT agar tidak sia sia,” pesannya.

Setelah di laksanakan orasi dilanjutkan dengan proses pencoblosan, nomor urut 02 berhasil unggul telak atas nomor urut 01 dengan perolehan suara 493 sedangkan paslon 01 hanya berhasil mengumpulkan suara sebanyak 95, sementara suara tidak di pakai / golput sejumlah 13.(Zaenul/Nang)