Berbenah Jadi Madrasah Unggulan, MIM Karangtengah Gandeng MI Istiqomah Sambas Purbalingga

Banjarnegara- Berbenah menajadi madrasah unggulan, MI Muhammadiyah (MIM) Karangtengah  mengadakan kegiatan Training Pembelajaran Alquran dengan  menggandeng MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Pelaksanaanya  menghadirkan praktisi pendidikan dari MI Istiqomah Sambas (Mukti Ali) Sabtu ini (20/2).

Kegiatan yang dilaksanakan di MIM Karangtengah dalam rangka menyiapkan program unggulan yang akan dilaksanakan. Tujuan kegiatan ini adalah  untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan dan mengelola pembelajaran Alquran yang nantinya akan ditransfer ke peserta didik. Hadir ketua PCM Muhammadiyah Karangtengah, ketua komite dan seluruh guru.

Dalam sambutanya  Ketua PCM Munsorif   menyambut baik  kegiatan ini, Ia berharap bisa menjadi pemacu semangat para guru untuk meningkatkan kualitas  di MI Muhammadiyah Karangtengah . “Saya menginginkan lulusan MI Muhammadiyah Karangtengah bisa membaca Alquran dengan mahir, selain itu juga memiliki karakter yang sesuai dengan nilai- nilai Islam, tentunya ini akan menjadi kebanggaan warga masyarakat disini,”

Materi yang yang disampaikan antara lain,  cara membaca Alquran dengan metode Ummi, penyampaian materi hafalan  dan juga materi Adabiyah yaumiyah. Dalam kesempatan ini juga dibahas bagaimana teknis pelaksanaannya  ketika kegiatan pembelajaran sudah berlangsung.

Mukti Ali, selaku pemateri mengungkapkan yakin kalau MI Muhammadiyah Karangtengah bisa melaksanakan  program ini   asalkan semua warga madrasah kompak saling mendukung dan Istiqomah. ”Saya merasa optimis program ini bisa berjalan dengan baik asal warga madrasah bisa saling mendukung dan kompak.” Jelasnya.

Beliau juga menambahakan bahwa pihaknya bersedia melakukan pendampingan dalam melaksnakan program ini.

Salah satu peserta mengaku senang dan menjadi lebih tergugah untuk lebih banyak belajar. “Alhamdulillah saya sangat senang  dan ini  menggugah saya untuk lebih banyak belajar dalam  bisa memajukan MI Muhammadiyah Karangtengah. Saya dan teman-teman  optimis bisa melakukannya ,” kata Kustirin  selaku guru.

MI Muhammadiyah Karangtengah sedang berbenah untuk menjadi madrasah unggulan .Untuk mencapai itu tentunya diperlukan perencanaan yang matang dan juga program program unggulan dengan tujuan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan yaitu peserta didik dan wali murid.  

Progran unggulan yang dicanangkan antara lain, Tahfid juz 30, Pembelajaran Alquran untuk peserta didik di jam pertama dan penerapan Adabiyah Yaumiyah. Dengan program unggulan tersebut setelah lulusan peserta didik Mi Muhammdiyah Kareng tengah hafal juz 30, mahir membaca Alquran dan dapat menerapkan Adabiyah Yaumaiyah dalam kehidupan sehari hari.

Diakhir acara Kepala Madrasah Urip Hidayati mengucapkan terima kasih  kepada MI Istiqomah Sambas yang sudah berkenan memberikan materi dalam kegiatan tersebut dan banyak memberikan motivasi.

“Terima kasih kepada MI Istiqomah Sambas yang sudah berbagi ilmu, dan ini menjadi start point bagi kami   MI Muhammadiyah  untuk menjadi lebih baik menuju madrasah unggulan yang akan   menjadi kebanggan masyarakat,” pungkasnya. (bs/mnh)