Berlatih Demokrasi Sejak Dini, MTs Negeri 3 Banjarnegara Gelar Pemilihan Ketua OSIM 2022-2023

Banjarnegara – MTs Negeri 3 Banjarnegara menggelar pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) masa bakti 2022-2023. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung layaknya pemilihan kepala daerah (Pilkada) ataupun presiden di Indonesia yaitu dengan pencoblosan secara langsung dengan prinsip LUBER (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia). Pemilihan ketua OSIM dilaksanakan di Aula madrasah dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan yang ketat dan dihadiri juga oleh KPU Kabupaten Banjarnegara. Kamis (27/01).

Kegiatan ini mengadopsi sistem pemilihan yang dilaksanakan oleh KPU, sebelumnya telah diawali dengan verifikasi atau uji kelayakan calon, penetapan calon, pengambilan nomor urut calon, kampanye dan penyampaian Visi dan Misi calon ketua OSIM di tiap-tiap kelas. Setelah melewati berbagai tahap memunculkan 5 calon yang akan bersaing Dalam pemilihan ketua OSIM masa bakti 2022-2023.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala MTsN 3 Banjarnegara Sidik Wibowo Akhmad, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran demokrasi bagi siswa-siswi MTs Negeri 3 Banjarnegara. ”Pemilihan dengan sistem pemilu ini kita lakukan untuk memberikan pendidikan demokrasi dengan bijak, dan mengenalkan sejak dini tentang tahapan pemilu kepada peserta didik,” ucapnya

“Dilihat dari segi usia mungkin anak-anak kita belum ada yang memiliki pengalaman mencoblos langsung, namun berawal dari sini setidaknya mereka sudah memiliki pengalaman bagaimana cara memilih pemimpin dengan system demokrasi seperti yang Negara kita terapkan,” terangnya.

M. Syarif Sapto W selaku perwakilan dari KPU Banjarnegara menyampaikan, pemilihan ketua OSIM ini merupakan PILKADA mini, “Pemilihan ketua OSIM merupakan sarana siswa belajar memilih pemimpin dan sebagai para calon ketua OSIM ini merupakan PILKADA mini karena bias juga nanti di masa depan akan menjadi calon-calon kepala daerah, jadi manfaatkan kegiatan ini sebagai sarana para siswa belajar memilih pemimpin dan jadi pemimpin,” tegasnya.

Waka Kesiswaan MTsN 3 Banjarnegara Teguh Pujiwasono, mengumumkan hasil dari penghitungan suara. “hasil dari penghitungan suara dengan Jumlah pemilih 730 dan yang menggunakan hak pilih 640, menghasilkan Ahmad Idrus momor urut 1 mendapatkan 79 suara, Fatzha Novia C. nomor urut 2 mendapat 351 suara, Naziva Liana nomor 3 mendapat 64 suara, Aulia Rahma nomor 4 mendapat 32 suara, Daffa Ajisaka A. nomor 5 mendapat 90 suara, dan 24 suara batal. Dengan demikian Ketua OSIM terpilih Masa Bakti 2022-2023 adalah Fatzha Novia C. (ar/ak).

Bagikan :
Translate »