BK MAN 1 Banjarnegara, Dampingi Siswa Menuju Perguruan Tinggi

Banjarnegara – Bimbingan dan konseling (BK) merupakan bagian integral dalam pendidikan yang memosisikan kemampuan peserta didik untuk mengeksplorasi, memilih, berusaha meraih, dan mempertahankan karier yang ditumbuh-kembangkan secara komplementer oleh guru bimbingan dan konseling. Guru BK memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling yang meliputi empat bidang layanan, yaitu layanan pribadi, layanan sosial, layanan belajar, dan layanan karir.

Layanan karir berfungsi memberikan kemantapan pilihan jurusan kepada siswa pada perguruan tinggi. Sigit Sugiyanto, guru BK MAN 1 Banjarnegara menuturkan bahwa layanan karir, khususnya siswa kelas XII yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi sudah dilayani sejak bulan Agustus 2020.

“Kami akan mengawal sampai persyaratan administrasi yang dibutuhkan siswa terlengkapi. Sejak pengumuman kuota SNMPTN Desember lalu, kami mulai bergelut dengan alur pendaftaran SNMPTN yang akan berlangsung sampai bulan Maret 2021. Alur ini cukup panjang dan dilakukan secara online,” tambahnya.

Untuk memperlancar proses dan alur pendaftaran SNMPTN yang dilakukan secara online, MAN 1 Banjarnegara memberikan fasilitas kepada siswa mengingat adanya keterbatasan jaringan internet yang ada di rumah siswa.

 Sigit menjelaskan, hari ini (16/2) kami melakukan pendampingan dan bimbingan pembuatan akun KIP-Kuliah. Kami berharap dari 40 siswa yang mendaftar bisa diterima semua karena mereka adalah siswa kami yang memiliki potensi akademik baik tetapi kurang di bidang ekonomi.

“Pada intinya kegiatan BK MAN 1 Banjarnegara terkait PTN/PTKIN meliputi pendampingan pendaftaran akun LTMPT, pembuatan Akun KIP-Kuliah, pendampingan pemilihan prodi, serta pendampingan pendaftaran dan registrasi ulang semua jalur seleksi perguruan tinggi negeri/swasta,” imbuhnya (swh/ak)