Budayakan Morning Briefing, Tingkatkan Semangat Kinerja Guru Mimau

Banjarnegara – MI Maarif Al Falah Joyokusumo Parakancanggah Banjarnegara menerapkan budaya di setiap pagi hari dengan “Morning Briefing” dan Doa bersama sebelum melaksanakan kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada jam 06.50 WIB  sebelum memulai aktivitas, guru – guru berkumpul di ruang guru dan mendengarkan motivasi kerja/ ilmu yang diberikan Kepala Madrasah.

Wahyul Khomisah sebagai kepala madrasah merutinkan kegiatan ini dengan menyampaikan materi dari buku – buku yang dibacanya, “Saya yakin, meskipun hanya dengan waktu 10 menit ini akan menambah wawasan dan semangat yang selalu baru”, ucapnya. Rabu ini (7/4) di ruang Guru.

Dalam briefing pagi yang disampaikan kemarin kepala madrasah menyampaikan terkait dengan 5 AS dalam bekerja yaitu “Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Kualitas, Kerja Tuntas dan Kerja Ikhlas”.

“Ini semua wajib dimiliki seorang pendidik dan tenaga kependidikan sehingga dengan bekal ilmu dan penerapannya diharapkan bisa mengoptimalkan tenaga, pikiran, hati dalam bekerja sehingga mendapatkan kebahagiaan dunia – akhirat,” imbuhnya.

Tismiatin guru kelas VI  selalu selalu menanti ilmu yang diberikan oleh kepala madrasah, karena sangat bermanfaat bagi dirinya khususnya dalam peningkatan kualitas kerja dan memperkaya keilmuan yang nantinya juga disampaikan di masyarakat ketika diamanahi mengisi kultum atau pembinaan warga.

“Meskipun briefing pagi ini dengan waktu sedikit dan terbatas, namun mampu memberikan perubahan yang positif dalam kehidupan saya karena dilaksanakan secara konsisten” tutur Tismiatin.

Bagi Wahyul, manfaat yang dirasakan dengan kegiatan ini sangat banyak yaitu terjalin komunikasi aktif, membangun semangat kerja, menyatukan persepsi serta menjalin kerjasama yang baik. Setelah guru & karyawan diberikan briefing pagi, dilanjutkan doa yang dipimpin oleh wakil kepala madrasah Endro Prasetyo. Beliau menyampaikan doa adalah sumber kekuatan, sehingga diharapankan di setiap pagi guru – guru semua tidak ada yang terlambat mengikuti Morning Briefing & Doa.

Di akhir Briefing dan Doa Pagi, guru – guru menyuarakan yell – yell penyemangat  “Asatidz wal asatidzah MIMAU, Hamasah wa Istiqomah” suara kompak para guru MI Maarif Al Falah Joyokusumo mengawali pagi sehari – hari. (WK/mnh)