Cheking Administrasi AKMI, Kepala MIMAU Adakan Rapat Pemantapan Panitia AKMI 2021

Banjarnegara – Jelang pelaksanaan AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) perdana di tahun pelajaran 2021 – 2022 ini, kepala madrasah MI Maarif Unggulan (MIMAU) Al Falah Joyokusumo mengechek administrasi AKMI dan pemantapan panitia pelaksana. Rapat Cheking Akhir ini dilaksanakan di ruang Kepala Madrasah di hari Senin (15/11). Rapat yang dilaksanakan usai pembelajaran  siang hari ini guna memastikan kesiapan kelengkapannya.

AKMI bagi seluruh madrasah adalah kegiatan yang baru, sehingga membutuhkan pemahaman yang mengacu pada POS (Prosedur Operasional Standar) Penyelenggaraan AKMI. POS AKMI ini sebagai panduan bagi madrasah dan pemangku kepentingan dalam hal ini adalah Panitia. Kepanitian AKMI sudah terbentuk satu pekan menjelang pelaksanaan yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara yang juga merangkap sebagai Proktor, Teknisi serta Pengawas sebagai intinya.

Kepanitian AKMI di MIMAU hanya terdiri dari 5 orang dari unsur Kepala, Operator, TU, Guru Kelas V serta guru yang memenuhi kriteria dan persyaratan. Kepala Madrasah menetapkan panitia pelaksana ini dengan dibuatkannya SK (Surat Keputusan). Panitia Pelaksana AKMI di tingkat lembaga ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang sudah dilaksanakan diantaranya menyelenggarakan Sosialisasi kepada guru, peserta didik serta walimurid.

“Kita semua sama – sama memahami POS yang menjadi panduan dalam melaksanakan AKMI dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan sampai dengan pelaporan agar semuanya bisa sesuai dengan yang dicantumkan pada POS,” ucap Wahyul selaku Kepala Madrasah dalam memulai menjelaskan AKMI secara global.

Dalam hal Perencanaan, AKMI akan dilaksanakan di Laboratorium MTs Negeri 2 Banjarnegara. Disamping madrasah tersebut sebagai sahabat madrasahnya MIMAU Joyokusumo, juga untuk menjalin hubungan mutualisme dan bagi MIMAU sangatlah membantu disaat madrasah kami belum memiliki laboratorium sendiri. Meskipun pelaksanaan ini tidak harus menggunakan laptop ataupun komputer, namun bisa menggunakan HP yang semua walimurid siswa kelas V memiliki bahkan siswa pun sebagian besar juga memilikinya.

“Alhamdulillah semua administrasi telah siap dimulai dari SK, Daftar Hadir Peserta dan Panitia, Kartu Peserta, Berita Acara, Pakta Integritas,” ucapnya

Ini berarti panitia pelaksana AKMI mampu bekerja dan melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik. Diharapkan dengan kesiapan melalui rapat cheking ini, AKMI yang akan dilaksanakan akan berjalan dengan lancar tanpa kendala. (wk/ak)