Debat Calon Ketua OSIM sebagai Motivasi Problem Solving

Banjarnegara – Kamis (03/11) Tak terasa masa jabatan anggota Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) tahun ini sudah berjalan satu periode. Salah satu rangkaian program menuju pesta demokrasi Madrasah Aliyah Tanbihul Ghofilin Bawang adalah debat para calon ketua OSIM di awal bulan November ini.

Memotivasi mereka yang berpotensi menjadi ketua OSIM untuk berdebat secara terbuka di depan dewan guru dan Majlis Perwakilan Kelas (MPK) memang untuk menjadikan Madrasah yang maju sangat dibutuhkan semangat kompetisi yaitu berlomba – lomba dalam kebaikan untuk belajar menjadi seorang leader atau pemimpin yang berkualitas di madrasah.

Mengampanyekan visi misi dan beradu argumen memang dibutuhkan untuk menjadi seorang ketua OSIM maupun anggotanya namun hal tersebut belum menjadi dasar penilaian untuk menentukan kualitas calon ketua OSIM karena visi misi akan terwujud jika program kerja dapat dijalankan sesuai dengan perencanaan yang matang dan tepat sasaran.

Sasaran kasus yang diunggah dalam debat kali ini adalah mencakup beberapa bidang mulai dari evaluasi bidang kedisiplinan siswa dan pemecahan permasalahannya, pemanfaatan sarana dan prasarana madrasah beserta pemeliharaannya, sampai  bagaimana cara menumbuhkan potensi siswa di bidang menulis, membaca, dan berpikir kritis dalam dunia literasi serta pengembangannya.

“Selain bertujuan memotivasi calon ketua OSIM dalam kemampuan problem solving atau penyelesaian masalah, debat ini juga bertujuan memotivasi MPK dan anggota kelas untuk menggunakan hak suara mereka dengan baik dalam pesta demokrasi madrasah di pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM mendatang” ungkap Siti Muftiah sebagai salah satu Pembina OSIM MA Tanbihul Ghofilin Bawang.

Yang paling berpengaruh jika debat ini dapat memberi semangat dalam menjalankan program kerja ketua OSIM adalah membantu kinerja waka bidang kesiswaan, sarpras dan kurikulum dalam mewujudkan visi misi pembelajaran di madrasah.

Dengan terwujudnya tujuan pembelajaran madrasah maka Madrasah Aliyah Tanbihul Ghofilin Bawang akan menjadi madrasah yang lebih maju konsisten dalam dunia pendidikan dan berkembang berdinamisasi dengan perkembangan zaman. (wj)

Bagikan :
Translate »