Dekati UM MTs MA, Lembaga Perlu Persiapan Intensif

Banjarnegara – Dalam rangka mempersiapkan Ujian madrasah yang semakin dekat dan waktunya sekitar 1 bulan lagi, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara melalui Seksi Pendidikan Madrasah menggelar Sosialisasi Ujian Madrasah tahun 2019/2020 untuk jenjang MTs dan MA.

Kegiatan yang terlaksana Selasa ini (04/02) bertempat ruang Auditorium MTs Andalusia Banjarnegara, dan diikuti 74 peserta dengan perincian 40 orang (Tingkat MTs), 17 orang (tingkat MA), 1 orang pengawas dan panita.

Sedianya waktu pelaksanaan Ujian Madrasah tingkat MA akan terlaksana 9 Maret 2020 dan tingkat MTs pada 16 Maret 2020. “Dan dengan waktu yang berjalan cepat dan semakin dekat, dibutuhkan langkah-langkah persiapan ujian agar ujian bisa berjalan dengan sukses,” ungkap Kakankemenag H. Masdiro saat sambutan.

Ujian madrasah (UM) merupakan alat ukur keberhasilan pendidikan dan pengajaran di lembaga madrasah dan digunakan untuk mengukur kualitas pendidikan madrasah minimal tingkat kabupaten. UM merupakan salah satu tugas Kantor Kementerian Agama Kabupaten, dan perlu persiapan dengan matang.

Dalam pelaksanaannya perlu inovasi dengan mengambil pengalaman-pengalaman tahun sebelumnya dan juga masukkan-masukkan dari berbagai pihak.

“Perlu disikapi dengan bijaksana, diikuti dengan koordinasi dan kebersamaan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah,” pesannya.

Kakankemenag berharap hasil ujian bisa maksimal dalam arti output berkualitas dan bisa meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi di lembaga pendidikan yang terakreditasi baik tentunya. (Nangim)