Dengan Niat, Jadikan Aktivitas Harian Bernilai Ibadah

Banjarnegara – Fauza Tafdilla Pambajeng, siswa kelas 7D MTs Negeri 1 Banjarnegara berkesempatan menyampaikan kultum pada Sabtu (9/4) di masjid Darul Ulum. Fauza menyampaikan kultum di depan para siswa dan dewan guru MTs Negeri 1 Banjarnegara. Dengan mantap Fauza mengawali kultumnya bersama salam yang  dijawab kompak oleh seluruh yang hadir di dalam masjid, baik yang di lantai 1 maupun yang ada di lantai 2.

Membawakan kultum bertema niat, Fauza menyampaikan bahwa semua amalan itu bergantung pada niat yang kita bersitkan dalam hati.

“Layaknya benih yang kita tanam, itulah yang kita panen. Semua hal yang kita dapatkan bergantung pada niat yang kita tanamkan dalam hati. Begitu pentingnya eksistensi niat, bahkan sah atau tidaknya ibadah bergantung pada niat kita.” jelas Fauza.

Niat menjadi salah satu komponen utama terhadap ibadah sehari-hari. Amalan setiap hari seperti makan, minum, tidur, merupakan amalan dunia yang tidak bernilai pahala. Berbeda jika dalam melakukan aktivitas-aktivitas duniawi disertai dengan niat ibadah. Dengan niat ibadah inilah suatu amal atau aktivitas bisa mendapat pahala untuk mendapat rida dari Allah Swt. 

“Di bulan puasa ini jika makan, minum, tidur, dan lain sebagainya hanya sekadar beraktivitas maka tidak bernilai ibadah. Namun jika kita niatkan untuk makan sahur, berbuka ini yang bernilai ibadah. Terlebih jika kita niat untuk kuat menjalani puasa, tetap giat belajar, rajin salat berjamaah maka semua aktivitas kita di bulan Ramadan insya Allah bernilai ibadah semua.” lanjutnya. 

Fauza juga menjelaskan apabila seseorang beramal baik jika diniatkan untuk Riya atau mendapat pujian dari orang lain maka tidak akan mendapat pahala. Contohnya, ketika seseorang bertadarus sangat rajin tapi selalu diunggah ke sosial media untuk ajang pamer supaya dipuji oleh teman-temaannya. Ini yang harus dihindari.

Niat seseorang hanya Allah dan pelaku yang tahu. Selalu niatkan segala aktivitas untuk ibadah supaya lebih mudah menggapai rida Allah SWT. (rin/ak)

Bagikan :
Translate »