Dorong Minat Menulis, MTs Andalusia Adakan Pelatihan Jurnalistik Untuk Guru

Banjarnegara – Mengusung tema “Siapapun bisa menjadi Jurnalis,” guru-guru MTs Andalusia mengikuti pelatihan jurnalistik pada Rabu (3/3) di ruang guru.

Kegiatan ini dibuka oleh Anton Zaini Noor selaku Kepala Sekolah MTs Andalusia. Ia mengungkapkan bahwa tujuan dari pelatihan tersebut adalah sebagai bentuk dukungan dan komitmen Andalusia untuk mendukung program Kementerian Kabupaten Banjarnegara. “Dengan pelatihan ini diharapkan guru-guru bisa menulis berita dengan teknik yang benar, sehingga layak ditampilkan dalam media online dan website,” ungkapnya.

Belaiu juga menambahkan bahwa nantinya jika semua guru bisa makin aktif menulis maka, guru-guru Andalusia dapat menjadi pendukung program Pelayanan Terpadu Satu Langit (PTSL) yang dicanangkan oleh Kementerian Agama.

Pelatihan tersebut diisi oleh Safitri Yulikhah sebagai narasumber dan memberikan materi ringkas tentang bagaimana membuat berita. Dimulai dari membuat judul yang menarik, isi berita yang berbobot dan bagaimana berita bisa dengan mudah dilacak oleh alat pencarian di internet dengan memperhatikan SEO (Search Engine Optimalization).

Selama kegiatan berlangsung, Safitri yang pernah menjadi wartawan terus memberi motivasi kepada guru. “Meskipun kita bukan wartawan, tetapi kita bisa menulis berita dengan kegiatan yang ada di sekitar kita,” ungkapnya.

Terlebih menurutnya, saat ini warga biasa pun bisa menulis berita karena ada istilah citizen journalism atau jurnalisme warga. Jadi bukan hal yang mustahil bagi guru untuk dapat pula berkontribusi dalam publikasi di setiap kegiatan yang ada di madrasah.

“Menulis mungkin susah jika belum terbiasa, tetapi dengan rajin membaca maka kosa kata kita akan bertambah sehingga mudah saaja untuk dapat menulis. (kk/sf/ak).