Dukung Penuh Kinerja Pegawai, MAN 2 Banjarnegara Gelar Bimtek dan Sosialisasi SKP Terbaru

Banjarnegara – MAN 2 Banjarnegara menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) terbaru berdasarkan berdasarkan Surat Edaran Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN RB) Nomor 3 tahun 2021, (24/4). Kegiatan yang dilaksanakan di aula tersebut diikuti oleh 51 orang ASN MAN 2 Banjarnegara dengan pemateri langsung dari Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Slamet Wahyudi.

Dalam materinya, Slamet Wahyudi menjelaskan terdapat regulasi baru terkait dengan SKP. “Bapak Ibu semuanya, SKP yang sebelumnya dibuat satu kali dalam setahun, kini berdasarkan Permen PAN RB Nomor 3 tahun 2021 menjadi dua kali dalam setahun, atau setiap semester,” jelasnya.

Adanya kebijakan baru ini tentunya perlu adanya bimtek dan sosialisasi lebih lanjut kepada para ASN dari pihak yang berwenang agar penyusunan SKP nantinya dapat berjalan dengan lancar dan semua pihak memahami hal tersebut.

Kepala Madrasah, Ridlo Pramono menyampaikan salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman yang utuh dan menyeluruh terkait dengan kebijakan baru tersebut kepada semua ASN yang ada di madrasah. “Ada kebijakan baru, tentu perlu kita sosialisasikan lebih lanjut. Kami berharap semuanya bisa menyusun SKP yang sesuai dengan regulasi terbaru,” ungkapnya.

Sementara Natir, Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik berharap dengan adanya kegiatan ini, ASN di lingkungan madrasah dapat memahami apa yang diprogramkan selama satu semester yang tertuang dalam SKP secara lebih mendalam. “Regulasi penyusunan SKP terbaru ini lebih baik karena disesuaikan dengan tahun ajaran di madrasah yaitu bulan Juli sampai Desember untuk semester satu dan Januari sampai Juni untuk semester dua, bukan berdasarkan tahun anggaran yang dimulai dari Januari sampai Desember. Dengan adanya penyusunan SKP persemester tentu lebih akurat, mengingat bisa saja guru mempunyai tugas pokok fungsi yang berbeda antara semester satu dan semester dua,” pungkasnya.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini dimulai dengan acara pembukaan, sambutan dari Kepala Madrasah, penyampaian materi, tanya jawab, praktik menyusun SKP, dan diakhiri dengan penutup. (ta/ak)