DWP Kemenag Banjarnegara ikuti Tadarus Al Quran Yang Diselenggarakan DWP Kemenag RI

Banjarnegara – Masih dalam rangkaian acara Gebyar Ramadhan 1442 H Dan Peringatan hari Kartini, Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara mengikuti kegiatan Tadarus Dan Khatam Al Qur'an secara virtual melalui aplikasi Zoom yang diselenggarakan oleh DPW Kementerian Agama Pusat, (22/4/2021). Adapun kegiatan ini diikuti oleh Pembina DWP Kemenag RI Hj. Eny Yaqut Cholil Qoumas dan Ketua DWP Kemenag RI Farikhah Nizar. Hadir sebagai undangan DWP PTKN, DWP Kanwil Kemenag Provinsi, DWP Kankemenag Kab/Kota, DWP UPT Asrama Haji, DWP Balai Diklat Keagamaan dan Balai Litbang Agama seluruh Indonesia.

Sesuai dengan surat tugas sebanyak 10 anggota DWP Kemenag Banjarnegara mengikuti zoom meeting dengan tema “Asah Integritas Dan Kepedulian Sosial” dengan narasumber Dr.H.Indrianto Faishal, MA”.

Dalam sambutan pembukaan, Penasehat DWP Kemenag Eny Yaqut Cholil Qoumas mengajak untuk meningkatkan silaturahmi, dengan silaturahmi akan menumbuhkan saling pengertian, saling memahami dan akhirnya akan menumbuhkan keinginan untuk saling membantu satu sama lain. “Silaturahmi merupakan ajang bertukar pikiran, berbagi pengalaman, serta meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan,” terangnya.

Tak lupa dalam kesempatan yang sama beliau menyampaikan bahwa kegiatan hari ini masih menjadi satu rangkaian peringatan hari Kartini, “salah satu ciri orang yang beruntung adalah mereka yang mampu mengambil pengalaman dari sejarah bangsa yang telah berlalu. Sebagai contoh memetik sejarah perjuangan RA.Kartini yang memperjuangkan emansipasi wanita. Dengan semangat Kartini, telah menginspirasi banyak kaum perempuan untuk duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan kaum laki-laki di kemudian hari,'' imbuhnya.

Beliau juga berpesan kepada seluruh pengurus dan anggota DWP Kementerian Agama di seluruh Indonesia untuk menjaga kekompakan. “Mari kita jaga kekompakan dan kesolidan organisasi. Focus untuk pemberdayaan para anggota dan mari kita tingkatkan peran sosial organisasi. Jadikan organisasi DWP Kementerian Agama as a place to everyone, as a place to every body, to grow, to empower and to being power. Jadikan DWP tempat bagi semua untuk tumbuh menjadi berdaya dan diberdayakan,” ajaknya

Dr.H. Indrianto Faishal, selaku narasumber dalam kesempatan kali ini menjelaskan fungsi Ramadhan adalah untuk mengasah integritas. “Integritas adalah kesatuan antara pikiran, akal dan perbuatan. Orang yang memiliki integritas yang bagus pasti pikirannya jujur, akalnya jujur dan perbuatan jujur,” jelasnya.

Kalau kita ingin berbicara dengan Allah maka berdoalah, ketika kita ingin Allah berbicara dengan kita maka bacalah Al Qur'an. ''Dua komunikasi aktif ini menunjukan indikasi bahwa orang yang membaca Al Qur'an dan selalu berdoa maka hidupnya selalu dekat dengan Allah SWT,” ungkapnya.

Sebagai penutup beliau mengajak seluruh anggota peserta webinar terutama ibu-ibu DWP untuk tidak bosan-bosannya belajar mengaji, dan terus meningkatkan ibadah membaca Al-Qur'an. Karena pada dasarnya Al-Qur'an yang akan memberikan syafaatnya di hari akhir. (hmsdwp/ak)