El Zafran Ingatkan 5 Perkara Sebelum 5 Perkara

Banjarnegara – Selasa (12/4) El Zafran, pengurus OSIM MTs Negeri 1 Banjarnegara berkesempatan menyampaikan kultum di masjid Dar Ulum. Semua pengurus OSIM secara bergantian wajib menyampaikan kultum setiap hari. Dua siswa pengurus OSIM harus bisa menyampaikan kultum di hadapan para siswa dan guru MTs Negeri 1 Banjarnegara. Berbagai tema disampaikan oleh petugas kultum. Kali ini, El Zafran menyampaikan kultum berjudul 5 perkara sebelum 5 perkara.

Mengutip dari hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda yang artinya :

“Manfaatkanlah lima perkara sebelum datang lima perkara : 1. Waktu mudamu sebelum datang masa tuamu, 2. Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, 3. Masa kayamu sebelum datang masa miskinmu, 4. Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, 5. Hidupmu sebelum datang matimu.”

Zafran menjabarkan masing-masing perkara tersebut. Pertama, Waktu mudamu sebelum datang masa tuamu. Masa muda adalah saat yang sangat produktif karena energi seseorang melimpah ruah. Potensinya untuk melakukan sesuatu yang sangat besar akan terjadi. 

Kedua, Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu.

“Masa sehat kadang dirasa biasa saja, namun ketika kita terbaring di rumah sakit berada dalam ruang yang tidak besar baru terasa betapa berharganya sehat. Oleh karena itu Rasulullah Saw telah mengingatkan agar memanfaatkan masa-masa sehat dengan melakukan kegiatan yang positif dan produktif.” jelas Zafran.

Ketiga, Masa kayamu sebelum datang masa miskinmu. Saat seseorang sedang berada dalam kelapangan rezeki, maka manfaatkanlah untuk kebaikan, sesungguhnya di dalam kekayaan kita ada hak-hak kaum duafa, maka tunaikanlah hak orang-orang miskin. Dalam Islam kekayaan merupakan ujian disamping juga amanah. 

Keempat, Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu.

“Menggunakan waktu luang sebelum menjadi sangat sibuk. Hendaknya kita bisa mengatur dan memanfaatkan waktu seperti membaca buku, bersilaturahmi, berolahraga dan kegiatan lain yang bersifat positif.” ujarnya.

Kelima, Hidupmu sebelum datang matimu. Semasa hidup gunakanlah langkah investasi untuk akhirat karena ketika ajal sudah dekat, di leher tiada berguna menyesal. Hidup dan mati merupakan ujian dari Allah. 

Di akhir kultumnya, Zafran mengajak semua siswa dan guru MTs Negeri 1 Banjarnegara bisa memanfaatkan kesempatan seperti yang sudah dijelaskan di atas. (Rin)

Bagikan :
Translate »