Gandeng Sahabat Madrasah, MIMAU Sukses Laksanakan ANBK

Banjarnegara – Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau disingkat dengan ANBK adalah sebuah program evaluasi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan Pendidikan.

Untuk jenjang SD/MI, asesmen ini dilaksanakan oleh siswa – siswi kelas V (lima). MI Maarif Unggulan (MIMAU) Al Falah Joyokusumo dalam hal penyelenggaraan ANBK masih menggandeng sahabat Madrasah yaitu MTs Negeri 2 Banjarnegara untuk bekerja sama dalam hal sarana dan prasarana berupa laboratorium computer.

ANBK pada MIMAU Joyokusumo ini memilih jadwal gelombang tiga, yaitu dilaksanakan dua hari berturut – turut, mulai Senin sampai Selasa (22-23/11) bertempat di labolatorium komputer MTs Negeri 2 Banjarnegara.

Segala persiapan administrasi yang telah panitia siapkan mengacu pada POS (Prosedur Operasional Standar) Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2021. Proktor dan Teknisi selalu berkomunikasi aktif dalam mensukseskan ANBK.

“Setiap harinya siswa siswi kelas V (lima) yang terdiri dari 30 siswa ini berangkat dan pulang serentak karena hanya dilaksanakan dalam satu sesi, yaitu dimulai pukul 08.00 sampai dengan 10.35 WIB. Namun 30 menit sebelum dimulai, peserta ANBK telah hadir,” ungkap Wahyul, Kepala MIMAU

Saat pelaksanaan ANBK, setiap peserta ANBK akan menerima kartu peserta yang berisi identitas, didalamnya terdapat username dan password untuk bisa masuk aplikasi. Proktor dan Teknisipun telah mencetak berita acara ataupun daftar hadir untuk diisi sesudah pelaksanaan ANBK, kemudian diunggah di aplikasi.

“Pada materi literasi kami sangat berharap anak bisa memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah yang ada pada soal – soal. Termasuk pula pada numerasi, butuh pemahaman cukup mendalam karena ini terkait dengan kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari – hari,” ungkap Farida selaku walikelas V.

“Meskipun kegiatan ANBK ini pertama bagi madrasah, Namun berkat menggandeng sahabat Madrasah MTs N 2 Banjarnegara, ANBK MIMAU ini berjalan lancar dan sukses,” ungkap Wahyul

“Ucapan terima kasih kepada MTs Negeri 2 Banjarnegara yang mau meminjamkan laporatorium komputernya, sehingga kami bisa melaksanaan ANBK dengan lancar, jujur kita belum mampu melaksanakan sacar mandiri ANBK,” pungkasnya (wk/ak)