Gunakan Model Pembelajaran DL, Sumiyati Bakar Semangat Siswa

Banjarnegara – Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) MGMP IPA MTs Kabupaten Banjarnegara  terdiri dari 5 kegiatan In dan 3 kegiatan On. Dalam kegiatan In, peserta akan mendapatkan materi dan merancang kegiatan On yang akan dilakukan, sedangkan pada kegiatan On peserta melakukan praktek mengajar dengan model pembelajaran yang telah ditentukan.

Sumiyati sebagai peserta PKB dari MTs Negeri 1 Banjarnegara melaksanakan kegiatan On pada Rabu (23/10) di kelas VII F. Guru yang sudah berpengalaman mengajar selama kurang lebih 15 tahun ini mengambil materi Suhu dan Kalor dengan model pembelajaran Discovery Learning (DL).

“Saya memilih menggunakan model ini karena pada model DL menekankan pengalaman langsung siswa sehingga siswa dibimbing untuk menemukan pengetahuannya sendiri. Jadi kegiatan pembelajaran lebih terpusat pada siswa,” ungkapnya seusai pembelajaran.

Semangat siswa sudah tampak ketika Sumiyati baru masuk ke ruang kelas dengan membawa berbagai peralatan laboratorium seperti cawan porselin, pegangan tabung reaksi, lilin, dan lain-lain. Mereka spontan bertanya apa yang dibawa oleh sang guru dan untuk apa membawa peralatan tersebut. Riuh suara siswa terdengar ketika berusaha menjawab pertanyaan pemantik yang diberikan sebagai stimulus. 

Semangat siswa semakin terbakar ketika masuk ke langkah pengumpulan data. Pada sesi ini siswa melakukan percobaan dengan memanaskan es batu hingga berubah wujud menjadi uap. Dalam kegiatan ini siswa tidak hanya mengamati tetapi juga mencatat suhu dan waktu terjadinya perubahan wujud tersebut.

“Saya sangat senang dengan cara belajar seperti ini, jadi tidak membosankan. Tidak sadar waktu pelajaran IPA sudah habis padahal kalau hanya mendengarkan saja, waktu pelajaran terasa sangat lama,” terang Orlin Dwi Saputri salah satu siswa VII F.

Siswa yang akrab disapa Orlin ini juga menambahkan bahwa ia berharap nantinya guru-guru mengajar dengan cara yang menyenangkan, tidak hanya berceramah atau memberikan tugas saja.

Tri Widayati selaku Ketua Pokja 3 MGMP IPA dan juga guru IPA senior di MTs Negeri 1 Banjarnegara mengungkapkan kegembiraannya dengan adanya kegiatan PKB ini.

“Adanya kegiatan PKB ini guru-guru IPA jadi melek model pembelajaran sehingga nantinya pembelajaran yang dilakukan tidak monoton. Harapan saya setelah selesai kegiatan PKB ini, semua ilmu yang didapat dipraktekkan di madrasah dengan baik. Serta semoga tahun depan MGMP IPA akan mendapatkan bantuan kembali untuk pelaksanaan PKB yang ke tiga,” jelasnya penuh semangat. (nov)

Bagikan :
Translate »