Guru Juga Harus Bisa Jadi Yang Terbaik Bagi Madrasahnya

Banjarnegara-Aparatur Sipil Negara (ASN) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Banjarnegara menerima pembinaan ASN. Pembinaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Dikmad) Kabupaten Banjarnegara, Slamet Wahyudi. (10/3)

Acara tersebut dilaksanakan di Ruang Kelas MIN 1 Banjarnegara dengan protokol kesehatan covid-19. Acara diawali dengan sambutan oleh Kepala MIN 1 Banjarnegara,Tuslam.

Dalam pembinaannya, Slamet mengingatkan betapa beruntungnya menjadi guru .Sebab, guru bisa melahirkan pahala yang terus mengalir bila ilmu yang diberikan terus diamalkan oleh para siswa. ”Peran guru menempati posisi yang sangat strategis dan penting untuk mewujudkan madrasah yang berprestasi,” ucapnya kepada para peserta.

Dan tolak ukur madrasah itu berprestasi adalah jika sudah mampu bersaing di tingkat propinsi atau nasional. Pesan beliau, untuk mewujudkan itu guru harus berani berpikir cepat,bekerja cepat dan berkomunikasi yang cepat. Artinya guru harus cepat tanggap dengan perkembangan yang terjadi sangat dinamis.

Selain itu guru juga harus bisa menjadi yang terbaik bagi madrasahnya dalam semua aktifitasnya. Untuk menjadi yang terbaik guru harus disiplin, tekun, sabar, dan ikhlas dalam bekerja. Dan itu harus dimulai dari diri kita sendiri, dari sekarang dan dari hal yang sangat kecil, terangnya.

Kepada para ASN, Slamet memberikan gambaran mengenai guru yang baik. Menurutnya guru yang baik dapat menginspirasi dan memotifasi siswa untuk berprestasi. Semua butuh proses untuk menjadi sukses. Bentuklah pembinaan terhadap siswa dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya. Jika mampu binalah sendiri tetapi jika tidak bisa, datangkan pelatih dari luar madrasah. 

Tak hanya itu, Slamet  juga mengajak ASN agar segala aktifitas yang ada di MIN 1 Banjarnegara dapat diaplod dalam sebuah berita.”Mari kita berusaha memaksimalkan potensi yang ada untuk mewujudkan prestasi murid dan guru di MIN 1 Banjarnegara,”ujarnya. (m/mnh)