Guru MICORDUBA Usai Kegiatan PAS Lanjutkan RDM

Banjarnegara – MI Cokroaminoto 02 Bondolharjo atau yang sering kita dengar dengan sebutan MICORDUBA mulai melakukan kegiatan pengisian Rapor Digital Madrasah atau RDM. RDM adalah merupakan suatu aplikasi pengolahan nilai peserta didik yang belajar di satuan pendidikan madrasah, aplikasi RDM  Madrasah ini dijadikan sebagai pengganti dari Aplikasi Rapor Digital Madrasah (ARD) yang sudah berjalan kurang lebih selama 2 tahun yang lalu. Adapun fungsi dari RDM adalah Mewujudkan Madrasah Berbasis Digital dengan pemanfatan teknologi informasi secara optimal. Efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan penilaian hasil belajar. Madrasah dapat memberi layanan data secara cepat, tepat dan akurat.

RDM (Raport Digital Madrasah) Dalam rangka mewujudkan tata Kelola madrasah yang efektif dan efisien dan mendukung program digitalisasi madrasah maka mulai semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 seluruh madrasah se-Indonesia wajib menerapkan Aplikasi RDM dalam mengelola dan mengevaluasi hasil belajar siswa, dikutip dari surat edaran Ditjend pendis melalui direktur kurikulum, sarana, kelembagaan dan kesiswaan madrasah nomor B-1726/DJ.I//Dt.I.I/PP.00/06/2021.
Aplikasi Raport Digital Madrasah ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi madrasah Karena RDM yang dikenal saat ini merupakan penyempurnaan dari aplikasi raport yang pernah ada sebelumnya yaitu ARD (Aplikasi Rapor Digital). Perbedaannya kalau pada ARD guru harus memasukkan data dan nilai siswa satu persatu secara manual, namun dalam aplikasi RDM ini guru tidak perlu lagi menginput data secara manual karena sudah terintegrasi dengan EMIS.

Guru dan Karyawan MI Cokroaminoto 02 Bondolharjo stelah selesai melaksanakan kegiatan PAS I Tahun pelajaran 2022/2023 di sela-sela kesibukanya melakukan Class meeting mulai mengerjakan RDM secara online berssama-sama.

“kita memang butuh kerja satu team atau team work dalam pengerjaan RDM ini selain memerlukan akses internet juga butuh ketelitian dalam pengerjaannya” ujar akhmadiyono selaku operator dan guru di MI Cokroaminoto 02 Bondolharjo ini, “sebetulnya untuk SDM guru MI Cokroaminoto 02 Bondolharjo ini sudah mumpuni dalam hal pengerjaan yang berhubungan  dengan IT, ditambah dengan sarana yang sudah dimiliki seperti laptop tiap guru satu laptop, sehingga mempermudah kami dalam melaksanakan pendampingan” tambahnya.

Guru selain mengajar juga dituntut untuk melek IT hal ini sesuai dengan perkembangan jaman yang semakin maju,”kami selalu berusaha dan berupaya dalam mencukupi dan melengkapi sarana penunjang untuk kepentingan madrasah dan guru dalam hal ini adalah era digital, semampu dan sebisa kami” ujar mokh. Basuki selaku kepala Madrasah,

“walaupun madrasah kami tergolong madrasah kurus tapi niat dan tekad kami serta semua guru tidak pernah surut untuk mampu dan bisa memajukan madtasah baik secara akademis maupun non akademis termasuk di sektor SDM” tambahnya (mb)

Bagikan :
Translate »