Jelang Penilaian Akhir Semester Mimau, Lakukan Wisata Edukasi

Banjarnegara – Melakukan kegiatan yang menyenangkan sembari belajar tentu sangat menarik. Belajar di sekolah dengan suasana yang formal terkadang sesekali membuat anak-anak cepat merasa bosan dan lelah. Belajar sembari berwisata bisa menjadi solusi yang menghibur namun tetap menambah ilmu. Itulah yang telah dilaksanakan MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo (Mimau) bersama siswa kelas V dan VI pada jum’at dan sabtu kemarin (12/11).

Disampaikan oleh Wahyul Khomisah selaku kepala madrasah kepada seluruh siswa kelas V dan VI sebelum pemberangkatan.

“Kegiatan wisata ini sebagai refreshing otak dan tubuh kita menjelang pelaksanaan penilaian akhir semester(PAS). Semoga setelah pelaksaan ini dapat menambah semangat belajar untuk meraih prestasi semuanya, dan marilah kita berdoa agar perjalanan kita lancar, sehat dan selamat,” ungkap Wahyul.

Wisata edukasi ke kota Semarang ini bertujuan ketiga tempat yaitu masjid agung, Cimory, dan Saloka. Berangkat dari kota gilar-gilar Banjarnegara Jumat, pukul 00.00 hingga sampai di masjid agung Semarang pukul 04.00. Setibanya di Masjid agung seluruh siswa beserta dewan guru Mimau melaksanakan bersih-bersih badan dan melaksanakan sholat subuh berjamaah. Dilanjutkan sarapan pagi sebelum menuju ke tempat wisata Cimory dan Saloka.

Kesan dari salah satu guru kelas pun disampaikan ketika sedang beristirahat sambil mengobrol seusai sarapan pagi di halaman masjid bersama rekan guru lainnya.

“Belajar dan berwisata bisa membantu anak untuk mengenal dunia dengan cara yang berbeda,” ungkap Nuri.

Berjumlah 78 orang yang terdiri dari komite, seluruh dewan guru dan siswa mengikuti kegiatan tersebut. Belajar dan berwisata tidak hanya menyenangkan untuk anak-anak, orang dewasa pun bisa turut serta menambah ilmu.Salah satunya ditujuan kedua yaitu Cimory. Wisata edukasi ini mengenalkan anak-anak pada proses pemerahan susu sapi dan mini zoo (kebun binatang dengan lingkup kecil).

Selain itu, di Cimory anak-anak pun bisa belajar menanam dan memanen sayuran di kebun yang disediakan. Dapat juga memberi makan kelinci, dan juga dapat belajar memanah dengan dibantu oleh petugas. Disamping untuk menambah wawasan dan pengetahuan, dengan berwisata juga dapat memicu adrenalin (pertahanan tubuh) dengan bermain di taman wisata tematik saloka tujuan terakhir perjalanan tersebut. Selama kurang lebih 5 jam di Saloka rombongan Mimau akhirnya selesai menikmati kegiatan tersebut dengan sangat bahagia dan ceria. Sesuai dengan slogan Saloka Ceria Tiada Habisnya.(nf)

Bagikan :
Translate »