Jelang Ujian Tahfidz, Siswa Kelas 9 Aktif Murojaah

Banjarnegara – Sejumlah siswa kelas 9 MTs Muhammadiyah Bawang terlihat duduk rapi sambil komat-kamit dan membawa Al Quran. Diantaranya terlihat memejamkan mata lalu menengok kembali Al Quran ditangannya. Begitulah aktifitas terbaru mereka. Mereka tengah asyik murojaah Al-Quran sebelum ujian taffidz tiba.

“Murojaah adalah kegiatan di mana anak-anak mengulang kembali bacaan Al-Quran yang mereka hafal. Tujuannya untuk lebih mantap dalam menghafal Al Quran,” ungkap Farah.

Pendampingan murojaah ini juga menuturkan bahwa murojaah merupakan salah satu cara agar hafalan tetap terjaga walaupun sudah dinyatakan hafal 30 juz. Kegiatan yang sedianya digunakan untuk menguatkan hafalan ini berlangsung selama bulan Ramadhan.

“Kita targetkan 3 hari dalam seminggu anak-anak wajib murojaah, dihari yang lain anak-anak bisa menambah hafalan baru mereka “ungkap Siti Wasilah pembimbing utama program tahfidz quran MTs Muhammadiyah Bawang dengan mantap. Akhir dari kegiatan murojaah ini adalah ujian Tahfidz Al-Quran juz 30.

Menurut penuturan, Bagus Fahmadi, Kepala Madrasah, setelah hafal juz 30 lulusan MTs Muhammadiyah Bawang dapat melanjutkan hafal Al-Qurannya di sekolahan selanjutnya dan mengamalkan tersebut dalam kehidupan sehari-harinya.  (ak)