Kakankemenag Banjarnegara Ajak Lari Kepala Madrasah Untuk Berprestasi

Banjarnegara – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, H. Agus Suryo Suripto mengajak lari para Kepala madrasah dan para guru di Banjarnegara dalam menjemput prestasi. Ajakan Suryo disampaikan saat Pembukaan Acara Rapat Koordinasi dan Pemantapan Program FGD Sahabat Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara Kamis (25/2) di MAN 1 Banjarnegara.

Kegiatan yang diikuti 70 Kepala Madrasah dari RA, MI, MTs, MA Negeri dan Swasta yang tergabung dalam Program Sahabat Madrasah. Kegiatan Program Forum Grup Diskusi Sahabat Madrasah juga dihadiri oleh Kasi Penmad, Slamet Wahyudi dan para pengawas madrasah di lingkungan Kemenag Banjarnegara.

Dalam kesempatan kali ini, Suryo menyampaikan bahwa acara Pemantapan Program Sahabat Madrasah merupakan ajang silaturrahmi yang memberikan aura positif dalam berprestasi.

“Acara ini sebagai pemantik kepada kepala madrasah dan guru yang selama ini bekerja dengan seadanya, tanpa target dan tanpa terobosan kreatifitas. Misalnya dalam penerimaan peserta didik baru, hanya berjalan seadanya sehingga pendaftar dan peminat di madrasah yang seadanya dalam perlakuannya maka hasilnya juga seadanya, juga dalam capaian prestasi, maka madrasah yang dikelola dengan seadanya maka prestasinya juga seadanya. Maka buatlah keahlian-keahlian untuk untuk peserta didik misalnya hafal 4 juz, lancar berbahasa asing dan prestasi olimpiade sains sampai tingkat yang membanggakan,” terangnya.

Lebih lanjut beliu menyatakan bahwa untuk mencapai madrasah yang berprestasi dibutuhkan perencanaan yang baik. Jika tidak bisa merencanakan dengan baik, maka berarti merencanakan  kegagalan. “Diantara rencana yang baik adalah dengan identifikasi masalah, kerjakan yang diprioritaskan dan yang paling ringan dan tentukan target waktu selesai serta evaluasi,” tambahnya.

Beliau juga menganalogikan bahwa hambatan itu bisa seperti kerikil, batu sedang dan batu besar. masing-masing cara menghadapinya berbeda beda, bisa dengan disingkirkan atau dihindari

Dalam kesempatan yang sama Ketua Panitia, Ridlo Pramono yang juga Kepala MAN 2 Banjarnegara menyampaikan terima kasih atas partisipasi semua peserta yang hadir dan mengajak semuanya untuk membangun kemitraan untuk saling memberi. “Berpikir positif untuk selalu maju maka akan bertambah prestasinya,” ungkapnya. (ak)