Kakankemenag Jalin Sinergi Dengan PCNU Banjarnegara

Banjarnegara – Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto didampingi Kasubbag TU, Sumarna melakukan kunjungan silaturahmi dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjarnegara dalam rangka menjalin sinergitas. Kedatangan Kepala Kemenag disambut dengan ramah oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Banjarnegra, Zahid Khasani dengan ramah di Aula Kantor PCNU Banjarnegara. (18/2)

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto menyatakan bahwa tujuan silaturahmi ini untuk memperkenalkan diri sebagai Kepala Kankemenag Kabupaten Banjarnegara dan juga untuk menjalin sinergitas dengan ormas keagaman yang berada di Banjarnegara yaitu Nahdlatul Ulama.

“Selain itu, saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada Nahdaltul Ulama yang sejak berdirinya NKRI selalu konsisten menjaga NKRI dari rongrongan ideologi yang menolak Pancasila. Apa yang dilakukan NU sekarang ini juga selalu sejalan denga apa yang dicanangkan oleh Kementerian Agama seperti mengarustamakan moderasi beragama,” ungkapnya.

Beliau juga mengungkapkan bahwa mengarustamakan moderasi beragama merupakan program pokok Kementerian Agama. “Dan saya yakin Nahdlatul Ulama sangat bisa membantu kami, Kementerian Agama untuk mensukseskan dan mengawal moderasi beragama terutama bagi masyarakat akar rumput,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Banjarnegara, Zahid Khasani mengucapkan selamat datang di Kabupaten Banjarnegara, semoga Kepala Kemenag yang baru ini bisa membawa kemajuan di Banjarnegara.

“Dan terkait pengarustamaan moderasi beragama, NU sejak dulu telah melakukan itu, karena moderasi beragama juga merupakan ciri Islam Ahlussunah Waljamaah yang anut oleh NU, yang dimana dalam Islam Ahlussuanah waljamaah selalu mengedepakan sikap Tawasut (pertengahan) dan Tawazun (keseimbangan), yang dimana ini merupakan inti dari moderasi beragama,” jelasnya.

Lebih lanjut beliau menyatakan bahwa Nahdlatul Ulama Kabupaten Banjarnegara siap bersinergi dan bekerja sama dengan Kementerian Agama dalam rangka meningkatkan pembangunan dalam bidang agama dan sosial.

Beliau juga berharap semoga Kementreian Agama dan NU bisa selalu sejalan dalam program-programnya, terutama dengan mengedepankan moderasi beragama dalam pelayanan terhadap umat dan semoga silaturahmi ini bisa memperkuat Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan keislaman) dan Ukhuwah Watoniyah (persaudaraan kebangsaan) di Banjarnegara sehingga bisa menjadikan Kabupaten Banjarnegara sebagai kabupaten yang rukun dalam beragama. (ak)