Kamabigus Lantik Bantara Soedirman- Cut Nyak Dien di Rest Area Dkuwondogiri

Banjarnegara – Kepala Madrasah, Muslimin Winoto selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) melantik Bantara Pramuka Soedirman-Cut Nyak Dien bertempat di rest area D’kuwondogiri, Desa Blambangan  Kecamatan Bawang (15/7).

Pelantikan dilakukan bersamaan dengan upacara penutupan kegiatan Pengambilan Tanda Kecakaan Umum (PTKU). Pelantikan dihadiri oleh calon bantara, panitia, Mabiigus,  pembina dan dewan guru.

Dalam sambutannya, Kamabigus mengatakan bahwa yang dilantik adalah calon bantara yang sudah menyelesaikan syarat kecakapan umum (SKU) untuk menjadi bantara.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib dilaksanakan guna untuk melanjutkan kepengurusan kakak- kakak bantara sebelumnya serta untuk melanjutkan tugas pokok dewan ambalan sekaligus sebagai proses penyelesaian kecakapan umum tingkat penegak bantara.” terangnya

Kamabigus MAN 1 Banjarnegara dalam amanatnya juga  menyampaikan untuk senantiasa menjaga nama baik ambalan dan bertanggung jawab dengan bantara yang melekat di bahu mereka masing-masing. Dia juga berharap agar status mereka sebagai penegak bantara dapat menjadikan  contoh yang baik bagi teman-teman mereka di madrasah maupun di lingkungan masyarakat.

Sandika Agung Permana salah satu pembina menyampaikan syarat mengikuti pelantikan bantara.

“Perlu diketahui untuk mengikuti pelantikan bantara ini, para calon sebelumnya telah menyelesaikan berbagai tugas yang termuat dalam syarat-syarat kecakapan umum (SKU) penegak bantara, yang terdiri dari 5 unsur pengembangan yaitu Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik.(swh)