Kemenag Banjarnegara Adakan Rakor Persiapan Program Sahabat Madrasah

Banjarnegara – Selasa (09/2/202) dengan bertempat di rumah makan Saung Mansyur Banjarnegara, Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Banjarnegara menyelenggarakan rakor persiapan program sahabat madrasah dengan melibatkan seluruh kepala MAN, MTs N dan MIN Banjarnegara serta Waka Kesiswaan dan guru pendamping, dengan jumlah 21 peserta.

Dalam sambutannya Kasi Pendidikan Madrasah, Slamet Wahyudi menyampaikan dasar pelaksanaan program sahabat madrasah adalah Surat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah No.9815/Kw.11.2/1/PP.00/08/2020 tanggal 19 Agustus 2020 tentang Pedoman Peningkatan dan Pemerataan Mutu Pendidikan melalui Sahabat Madrasah dan Surat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah No.01.015/Kw.11.2/1/PP.00/02/2021 tanggal 01 Pebruari 2021 tentang Peningkatan Mutu Madrasah melalui Sahabat Madrasah.

“Tujuan dari Program Sahabat Madrasah adalah sebagai upaya mewujudkan madrasah berkeunggulan, berprestasi, dan berimbas kepada madrasah yang lain menjadi bermutu dan berprestasi, melaksanakan pengelolaan madrasah dengan baik untuk bersama berprestasi, sebagai dasar untuk pelaksanaan program berkeunggulan yang dilaksanakan oleh Kemenag Kabupaten/Kota. Adapun pelaksanaannya pada jenjang yang sama, antar jenjang, baik dalam Kab/Kota maupun antar Kab/Kota” ucapnya.

Dalam rakor tersebut diputuskan bahwa madrasah negeri (MAN, MTsN dan MIN) yang berjumlah 10 madrasah ditunjuk sebagai perintis pelaksanaan program sahabat madrasah pada Kemenag Banjarnegara dan sebagai madrasah pembina.

Madrasah pembina bertugas menggandeng madrasah-madrasah di sekitarnya sebagai madrasah binaan serta berkewajiban menyusun program bersama yang dibutuhkan oleh madrasah binaan sehingga nantinya madrasah di Banjarnegara dapat maju bersama-sama. (kan/ak)