Kemenag Banjarnegara Persiapkan Launching Program Sahabat Madrasah

Banjarnegara – Senin (22/2) dengan bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Banjarnegara, Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Banjarnegara menyelenggarakan rapat dan koordinasi persiapan launching program sahabat madrasah dengan melibatkan kepala dan Waka Humas/guru pendamping MAN 1 dan 2, MTs N 1, 2 dan 3, serta MIN 3 dan 4 Banjarnegara dengan jumlah 17 peserta.

Kakankemenag Banjarnegara, Agus Suryo Suripto dalam sambutannya memberikan arahan dan pembinaan terkait persiapan launching program sahabat madrasah. “Insya Allah, launching akan dilaksanakan pada awal bulan Maret 2021, dan perlu persiapan yang matang dalam acara launching tersebut sehingga dapat berjalan dengan lancar,” tambahnya.

Beliau juga menghimbau agar adanya kesesuaian program antara madrasah pendamping dengan yang didampingi sehingga berdaya guna dan dapat menjadikan madrasah semakin hebat dan bermartabat.

Dalam kesempatan yang sama Kasi Penmad, Slamet Wahyudi menyampaikan berdasarkan kesiapan dari calon madrasah pendamping, ada 7 madrasah yaitu 2 MAN, 3 MTs N dan 2 MIN yang menyatakan siap menjadi madrasah pendamping dengan menggandeng madrasah-madrasah yang berada di sekitarnya dengan jumlah madrasah yang akan didampingi 5-6 madrasah baik yang sejajar maupun yang di bawahnya.

“Perlunya program yang riil yang mana program yang akan di tawarkan harus benar-benar dibutuhkan oleh madrasah yang didampingi sehingga perlu untuk duduk bersama untuk menginventaris dan mengindentifikasi permasalahan dan kebutuhan dari masing-masing madrasah yang didampingi,” jelasnya.

Beliau juga menyatakan perlunya evaluasi yang berkesinambungan akan program yang akan dilaksanakan sehingga dapat diketahui progress yang telah dikerjakan, bahwa acara launching program sahabat madrasah ini bukan akhir dari kegiatan, tetapi awal dari madrasah untuk saling bersinergi sehingga diharapkan dapat diikuti oleh madrasah yang lain.

Hasil rakor disepakati bahwa Ridlo Pramono, Kepala MAN 2 Banjarnegara ditunjuk sebagai ketua penyelenggara dengan susunan kepanitian terdiri dari semua unsur madrasah yang hadir, dan tempat pelaksanaan launching direncanakan di hall MAN 2 Banjarnegara dengan menghadirkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dan stakeholder yang ada sehingga program sahabat madrasah dapat diekspose oleh masyarakat.  (kan/ak)