Kemenag Banjarnegara Selenggarakan FGD Program Sahabat Madrasah

Banjarnegara – Rabu (10/2/2021) dengan bertempat di Rumah Makan Saung Mansyur Banjarnegara, Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan Fokus Group Discussion (FGD) program sahabat madrasah dengan melibatkan seluruh kepala MAN, MTs N dan MIN se-Kabupaten Banjarnegara serta dihadiri oleh pengawas madrasah sejumlah 20 orang.

Dalam sambutannya Kasi Penmad, Slamet Wahyudi menyampaikan bahwa pada awal rintisan program sahabat madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara di tunjuk 10 madrasah negeri (MAN/MTsN dan MIN) sebagai madrasah pembina. “Oleh karena yang demikian saya berharap perlu untuk di susun program sahabat madrasah yang terencana dan terukur, sinergi antar madrasah dengan Kemenag Banjarnegara,” ujarnya.

Kankemenag Banjarnegara, Agus Suryo Suripto dalam kesempatan yang sama memberikan arahan dan pembinaan terkait program sahabat madrasah.

“Yang perlu bapak ibu lakukan adalah sinergitas antar madrasah, madrasah pada Kemenag Banjarnegara mempunyai potensi yang besar tinggal butuh alat pemicu untuk menjadi luar biasa, perlunya pendampingan terhadap madrasah binaan secara berkelanjutan, ketelibatan pengawas dalam program sahabat madrasah, buat program unggulan yang akan ditawarkan pada madrasah binaan, buat jadwal dan matrik dari program yang dibuat, evaluasi yang terus menerus, target jelas yang akan dicapai, dan pemanfaatan CSR mitra Kemenag Banjarnegara dalm kegiatan madrasah,” ungkapnya.

Sementara itu, Musrin, Ketua Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) dalam forum FGD menyampaikan usulan bahwa pelunya pertemuan yang rutin setiap bulan untuk mengevaluasi program sahabat madrasah dan mengoptimalkan peran pengawas madrasah dalam program sahabat madrasah dan dukungan dari Kemenag Banjarnegara dalam menyukseskan program sahabat madrasah baik material maupun spritual.

Hasil kegiatan FGD disepakati bahwa madrasah negeri selaku madrasah pembina dalam program sahabat madrasah segera menyusun program unggulan yang akan ditawarkan kepada madrasah binaan dan waktu lounching sahabat madrasah dalam waktu dekat ini.  (kan/ak)