Kemenag Jalin Silaturahmi Dengan DPC Syarikat Islam Banjarnegara

Banjarnegara – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto didampingi Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Ali Mustofa melakukan kunjungan silaturahmi ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Syarikat Islam Banjarnegara. Kedatangan Kakankemenag ini disambut dengan ramah oleh Ketua DPC Syarikat Islam Banjarnegara, Musobihin di Aula Gedung Syarikat Islam Banjarnegara. (11/2)

Dalam kunjungan silaturahmi ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara mengungkapkan bahwa maksud kedatangan silaturahminya ke DPC Syarikat Islam ini untuk menjalin sinergitas dan untuk memperkenalkan diri sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara yang baru.

“Bapak-ibu sekalian, saya resmi berkhidmah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara terhitung sejak tanggal 18 Januari 2021. Di awal masa khidmah ini, saya emang gencar melakukan silaturahmi dan sinergi dengan ormas Islam yang ada di Banjarnegara. Minggu lalu saya telah bersilaturahmi ke Pengurus Daerah Muhammadiyah Banjarnegra, dan sekarang ini ke Syarikat Islam dan insyaAllah akan diteruskan ke Nahdlatul Ulama,” terangnya.

Beliau juga menuturkan untuk bisa membangun Kementerian Agama yang maju dan dalam rangka memajukan kemaslahatan umat, Kemenag dan segenap ormas yang ada harus menjalin sinergitas. Tentunya dengan sinergitas ini berbagai macam persoalan umat dapat terselesaikan dengan baik.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Syarikat Islam, karena hampir sebagian besar pekerjaan Kementerian Agama telah diselesaikan oleh Syarikat Islam, Dimulai dari pendidikan, kesehatan, dan tentunya kemaslahatan umat,” terang Kakankemenag.

Sementara itu, Ketua DPC Syarikat Islam Banjarnegara, Musobihin dalam sambutannya mengatakan selamat datang di Kabupaten Banjarnegara kepada Kakankemang, dan semoga silaturahmi ini mendapatkan hikmah dan ridho dari Allah Swt.

Perlu diketahui bahwasanya Syarikat Islam itu didirikan oleh HOS Cokroaminoto pada tahun 1905, Sedangkan Syarikat Islam Cabang Banjarngeara ini dibentuk tahun 1913 oleh H. Ihsan. Dengan demikian Syarikat Islam merupakan ormas tertua di Kabupaten Banjarnegara.

“Biasanya dalam rapat kedinasan yang di adakan Pemerintah Daerah yang melibatkan ormas Islam, Syarikat Islam selalu disebut pertama kali. Hal ini telah menjadi kebiasan untuk menghormati yang lebih tua terlebih dahulu,” canda Musobihin.

Musobihin juga menyatakan bahwa peran Syarikat Islam dalam dunia pendidikan di Banjarnegara amat besar. Hal ini bisa dibuktikan dengan Yayasan Pendidikan Islam Cokroaminoto mengelola 136 lembaga pendidikan, RA sejumlah 69, MI sejumlah 52, SMP sejumlah 9 dan SMA sejumlah 5 dengan total murid mencapai 8601. (ak)