Kepala KUA Karangkobar Ajak Penyuluh Agama Ikut Mengcounter Hoax terkait Pembatalan Haji

Banjarnegara – Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karangkobar mengadakan rapat koordinasi (rakor) pada hari selasa (08/06) di ruang serbaguna KUA Kecamatan Karangkobar.

Rakor yang merupakaan acara rutin selapanan yang biasanya dilaksanakan setiap Senin Wage, dan bulan juni dilaksanakan pada hari selasa kliwon karena satu dan lain hal.  Rapat koordinasi kali ini selain untuk menguatkan teamwork dan meningkatkan kinerja Penyuluh Agama Islam juga untuk musyawarah acara Qurban pada Idul Adha mendatang.

Turut hadir dalam rakor FKPAI Kecamatan Karangkobar ini delapan Penyuluh Agama Islam Non PNS, dua Penyuluh Fungsional, satu staf KUA serta Kepala KUA Kecamatan Karangkobar selaku atasan langsung PAI Non PNS.

Kepala KUA Karangkobar,  H. Fadlil Munawir dalam sambutannya menyampaikan kepada semua Penyuluh untuk selalu menaati dan mensosialisasikan protokol kesehatan dalam rangka mengurangi penyebaran Covid-19. “kita sebagai bagian dari pemerintah, saya minta kepada para Penyuluh agama untuk selalu menerapkan prokes kita sebagai contoh. Dan jugan jangan bosan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol Kesehatan,” sambungnya.

Lebih lanjut beliu menyampaikan dan mengajak penyuluh untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat berkaitan dengan pembatalan haji. “Walaupun kemenag telah merilis keputusan pembatalkan pemberangkatan jamaah haji. Keputusan itu berdasarkan tahapan yang cukup panjang dengan kajian serius, juga terkait isu hoax dana haji yang telah habis dipakai pemerintah. Kita harus sampaikan informasi yang benar kepada masyarakat,” tegasnya.

Ketua FKPAI Kecamatan Karangkobar, H. Purwoto dalam sambutannya juga mengajak kepada Penyuluh untuk selalu melaksanakan kewajibannya dalam memberikan dawah dan penyuluhan kepada masyarakat. “Jangan membawa bendera organisasi dalam penyuluhan kita sebagai Penyuluh Kementerian Agama harus bisa netral, moderat dan mengayomi semuanya,” terangnya.

Sementara itu, dalam kesempatan ini Duwi Rohmah selaku Penyuluh Fungsional menyampaikan bahwa kecamatan Karangkobar akan menjadi tempat penyembelihan hewan qurban Pokjaluh (Kelompok Kerja Penyuluh) Kabupaten Banjarnegara.

“Idul Adha tahun ini kita, KUA karangkobar akan ketempatan penyembelihan hewan Qurban Pokjaluh Kemenag kab. Banjarnegara. Maka dari itu kita harus mempersiapkan segala sesuatu yang berterkaitan tentang Qurban,” terangnya.

Rakor ini dilanjutkan musyawarah bersama terkait program kerja Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Karangkobar. (dr/ak)