Kepala MTs Perlu Bentuk Tim Sukses Madrasah

Banjarnegara – Selasa, 26 Januari 2021, bertempat di Aula Masjid Al-Ikhlas Kantor Kemenag Banjarnegara, Seksi Pendidikan Madrasah menyelenggarakan rapat dan koordinasi kepala MTs Negeri dan swasta se Banjarnegara dengan jumlah 40 peserta.

Kasi Penma, Slamet Wahyudi dalam acara rakor ini mengatakan bahwa perlunya Kepala Madrasah membentuk tim sukses madrasah guna membuat madrasah semakin maju.

“Tim sukses madrasah itu terdiri dari tim publikasi, tim operator data, tim sukses ujian dan tim PPBD. Adapun tim publikasi bertugas untuk mempublikasikan kegiatan yang dilakukan madrasah. Tim operator data yang bertugas menyiapkan dan menyajikan data yang di minta oleh Kemenag maupun instansi terkiat. Tim sukses ujian yang bertugas merancang dan menyiapkan kisi-kisi dan materi pokok ujian madrasah dan sosialiasinya dan Tim PPBD yang bertugas merancang strategi yang akan dilaksankan dalam penjaringan siswa baru sehingga diharapkan pada tahun pelajaran yang akan dating jumlah siswa mengalami peningkatan” tambahnya. 

Beliau juga mengingatkan perlunya kepala madrasah melakukan inovasi dan terobosan dalam kegiatan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 yang dilakukan secara daring jangan sampai hak siswa terabaikan dan tidak terlayani.

Sementara itu, Kepala Kankemanag Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto dalam rakor kali ini memberikan arahan dan pembinaan kepada Kepala Madrasah tentang spirit sinergi kemenag dan madrasah melalui kegiatan FGD yang dilaksanakan setiap bulan sekali,  perlunya madrasah bersinergi dengan stakeholder yang ada (Pengurus, Komite, Forkompinca, tokoh masyarakat dan wali murid) sehingga diharapkan membawa kemajuan untuk madrasah.

Beliau juga mengingatkan perlunya madrasah melaksanakan publikasi atas kegiatan dan prestasi yang telah di peroleh sehingga masyarakat luas mengetahuinya. Dan publikasi selama ini belum digarap secara maksimal oleh madrasah sehingga jarang di ekspose oleh masyarakat. (ak)