KKMI Kecamatan Purwanegara Bersih Lingkungan Kantor PENDAIS

KKMI Kecamatan Purwanegara Bersih Lingkungan Kantor PENDAIS

Banjarnegara – Dalam rangka menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan pada masa pandemi covid-19, Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kecamatan Purwanegara mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan kantor Pendidikan Agama Islam (PENDAIS) Kecamatan Purwanegara. Kegiatan tersebut diikuti oleh satu perwakilan guru dari tiap Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-kecamatan Purwanegara (14/7).

Mengingat kegiatan ini dilakukan pada masa pandemi covid-19, Darsan selaku ketua KKMI Kecamatan Purwanegara hanya mewajibkan satu guru dari tiap MI untuk mengikuti kegiatan ini. “Kerja bakti bersih – bersih lingkungan kantor pendais ini sangat penting agar terciptanya lingkungan yang sehat dan nyaman, namun karena masa – masa pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), maka tiap MI hanya diwajibkan mewakilkan satu guru untuk mengikuti kerja bakti ini,” jelasnya.

Beliau juga menerangkan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai langkah awal menyambut program renovasi kantor pendais yang rencananya akan dimulai pada akhir bulan ini. “Ibarat pepatah sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Kerja bakti ini selain menjadikan lingkungan bersih dan sehat, juga sebagai persiapan tempat menaruh material bangunan untuk renovasi kantor PENDAIS akhir bulan ini dan nantinya program renovasi berjalan lancar dan kondusif,” terangnya.

Pada sela – sela kegiatan, Kartono selaku salah satu perwakilan guru sekaligus Kepala MI Ma’arif Kalipelus menyambut baik kerja bakti ini. “saya sangat senang dengan kegiatan semacam ini. Selain lingkungan menjadi lebih bersih dan indah, salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 adalah dengan menjaga kebersihan, termasuk kebersihan lingkungan. Selain itu juga kebersihan sebagian dari iman,” jelasnya.

Kerja bakti atau gotong royong sebagai salah satu perwujudan dari ideologi Bangsa Indonesia yaitu Pancasila, sekaligus ajaran agama Islam, sudah selayaknya dilestarikan dan digalakan. (sp/es/ak)