KKMMI Kemenag Banjarnegara Siap Sukseskan Ujian Madrasah

Banjarnegara – Rabu (17/2) bertempat di Aula Masjid Al – Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kab. Banjarnegara, Seksi Pendidikan Madrasah mengadakan sosialisasi Ujian Madrasah (UM) kepada Kelompok Kerja Madrasah, Madrasah Ibtidaiyah (KKM MI) Kemenag Kabupaten Banjarnegara dengan jumlah peserta 43 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan.

Dalam acara ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto memberikan arahan dan pembinaan kepada peserta sosialiasi tentang tiga sukses ujian madrasah.

“Tiga sukses ujian madrasah yaitu sukses perencanaan, sukses pelaksanaan dan sukses hasil. tiga sukses ujian madrasah sudah tentu saling terkait. Sukses hasil ujian madrasah tentunya ditentukan dari sukses perencanaan dan pelaksanaan,” jelasnya.

Beliau juga mengingatkan bahwa perubahan untuk menjadi madrasah yang lebih baik, entah itu dengan evolusi atau revolusi semua mengandung resiko. “Yang dibutuhkan kita sekarang ini adalah menjalin komunikasi dengan semua elemen yang ada serta sehingga setiap permasalahan dan kesulitan bisa dicarikan jalan keluarnya secara bersama-sama,” ungkapnya.

Sementara itu Kasi Penmad, Slamet Wahyudi dalam sosialisasi ini menyampaikan bahwa jumlah MI di Kemenag Banjarnegara ada 198 madrasah terdiri dari 4 MIN dan 194 MIS sehingga perlu adanya perhatian dan penanganan yang lebih mengingat kondisi geografis madrasah yang berbeda-beda.

Lebih lanjut beliau menyatakan bahwa berdasarkan SK. Dirjen Pendis Nomor 752 tahun 2021 tentang POS Ujian Madrasahtahun pelajaran 2020/2021. Ada beberapa hal yang harus diharus diperhatikan oleh Kepala Madrasah dalam pelaksanaan Ujian Madrasah.

“Diantara yang harus diperhatikan adalah pendataan peserta ujian untuk dibuatkan Surat Keputusan oleh Kepala Madrasah, bentuk ujian madrasah berupa ujian tulis, praktek, penugasan dan portofolio, penyusunan kisi-kisi dan soal UM, penggandaan soal dan penyimpanan/kerahasiaan soal UM,” jelasnya.

Beliau juga menyatakan pada masa pandemi covid-19 ini, madrasah dapat menyelenggarakan UM secara daring dan/atau tatap muka, sesuai dengan kondisi daerah masing-masing.  Pelaksanaan Ujian Madrasah di rencanakan mulai tanggal 15 Maret – 10 April 2021 sedangkan untuk pengumuman kelulusan jenjang MI diperkirakan tanggal 11 Juni 2021.

Ketua KKM MI Kemenag Banjarnegara, Eko Sujatmiko dalam kesempatan yang sama menyampaikan kesiapan MI Kemenag Banjarnegara dalam menyukseskan UM tahun pelajaran 2020/2021 dengan melakukan berbagai persiapan diantaranya pembentukan tim penyusun kisi-kisi untuk mata pelajaran umum pada jenjang MI melalui wadah KKG kelas VI, penyusunan jadwal kegiatan UM, persiapan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan UM, dan pembentukan tim sukses madrasah.  (kan/ak)