Kolase, Latih Konsentrasi dan Kesabaran

Banjarnegara – Banyak cara di lakukan guru untuk mengurangi kejenuhan belajar daring. Seperti yang dilakukan guru kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Muhamadiyah ( MIM ) Banjarmangu, Dwi Murniati mengajak siswa membuat kolase, Rabu (24/03).

Kolase adalah salah satu jenis karya seni dua dimensi. Seni kolase adalah teknik karya seni menempel dengan menggunakan bahan – bahan tertentu. Bahan- bahan yang di gunakan biasanya berasal dari biji-bijian.

Dwi Murniati mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengasah kreativitas serta melatih ketelitian siswa. “Seni membuat kolase juga dapat melatih kosentrasi dan meningkatkan kesabaran sehingga siswa dapat menyelesaikan tugas dengan baik,” katanya.

Ia menjelaskan media yang digunakan untuk membuat kolase harus menarik, agar tidak membosankan. Misalnya menggunakan media gambar hewan yang akan digunakan untuk menempel. “Setelah media siap, siswa tinggal  menempel biji kedelai, beras merah, biji padi, dan kacang tanah pada gambar,” jelasnya.

Salah satu wali siswa menambahkan, kegiatan membuat kolase sangat menyenangkan anaknya.

“Meskipun anak saya belum bisa membuat kolase dengan rapi,ia terlihat sangat senang mengerjakannya dan saya senang bisa melihat dia dengan sabar menempelkan biji-bijian, “ tambahnya.

Aulia, siswa kelas 2 MIM Banjarmangu mengatakan awalnya membuat kolase terlihat rumit dan susah.“ Awalnya susah membuat kolase karena harus menempel biji – bijian kecil, tapi senang juga liat hasil kolase buatan sendiri, ” ungkapnya. ( uk/iby/mnh)