Kontingen Banjarnegara Ikuti Pembukaan POPMA Jateng

Banjarnegara-Kontingen Kabupaten Banjarnegara mengikuti pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Madrasah (POPMA) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023 di halaman Balai Kota Surakarta (26/8). Pembukaan diikuti oleh 20 orang perwakilan atlet dan official yang dijadwalkan bertanding pada siang hari. Atlet cabang bola voli putra dan putri tidak mengikuti pembukaan karena harus sudah bersiap di venue mengikuti pertandingan selanjutnya yang sudah dimulai dari Jumat (25/8).   

Mustain Akhmad selaku Kepala kantor kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menyampaikan tiga hal penting dalam sambutannya. Yang pertama Mustain memberikan  apresiasi yang sedalam-dalamnya kepada guru olahraga MA se-Jateng yang menyelenggarakan Kegiatan POPMA Tahun 2023 yang telah vakum akibat pandemic covid 19. Yang kedua ucapan terima kasih juga diberikan kepada seluruh warga madrasah dan para wali siswa yang telah mendukung pendidikan siswa madrasah, memberikan modal agama yang kuat maka perlu juga membekali pemahaman tentang budaya dan seni daerah. Poin ketiga Mustain menyatakan bahwa diperlukan kesamaptaan jasmani untuk menuju Indonesia Emas sehingga madrasah harus membina akhlak, jasmani dan rohani siswa madrasah. “Dalam setiap pertandingan selalu ada winner dan ada learner jadi tetap jaga sportivitas selama pertandingan” pesan Mustain kepada seluruh peserta POPMA Jateng.

POPMA Jateng Tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakoso. Dalam sambutannya Teguh menyampaikan siswa madrasah wajib bersemangat untuk menyongsong bonus demografi agar dapat membangun bangsa dan mengguncang dunia. “Bercita-citalah setinggi langit jadi jika jatuh pun masih berada diantara bintang-bintang” imbuh Teguh.

Pembukaan POPMA Jateng ditandai dengan pemukulan bedug secara serentak oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Wakil Wali Kota Surakarta dan Ketua DPR Kota Surakarta. Setelah pembukaan, siswa MAN 1 Kota Surakarta menampilkan pentas seni berupa gerakan pencak silat kolosal dan tari Pancasona. Di penghujung acara pembukaan dilaksanakan deville peserta dengan diiringi marching band dari MAN Boyolali.(lm)