KUA Karangkobar Gelar Doa Bersama Untuk Keselamatan Bangsa

Banjarnegara – Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Karangkobar, menggelar doa bersama untuk keselamatan bangsa Indonesia dari wabah Corona Virus Deseases 2019 (Covid-19), menyusul rentetan bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Doa bersama ini dilaksanakan di ruang serbaguna Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Karangkobar pada hari Senin sore (26/04).

Turut hadir dalam acara ini seluruh keluarga besar KUA kecamatan Karangkobar, diantaranya  kepala KUA, staf KUA, penyuluh fungsional, penyuluh non PNS, serta pengawas PAI kecamatan Karangkobar.

Susuanan acara pada kegiatan doa bersama kali ini meliputi, sambutan, tausiyah, doa bersama dilanjutkan Buka bersama dan sholat magrib berjamaah.

Kepala KUA Karangkobar, H. Fadlil Munawir dalam sambutannya menyampaikan, terimakasih atas kerjasamanya kepada seluruh keluarga besar KUA kecamatan Karangkobar. “Meskipun beberapa rencana kegiatan bulan Ramadhan ini yang tidak terlaksana karena masih pandemi covid, paling tidak salah satu kegiatan doa bersama dan buka bersama ini bisa kita laksanakan, meskipun dengan peserta yang terbatas, yaitu hanya dari keluarga KUA kecamatan Karangkobar saja,” Ujarnya. 

“Wabah Covid serta bencana alam yang terjadi di beberapa daerah menjadi pengingat bagi kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.  Acara doa bersama ini menjadi momentum membangun solidaritas kemanusiaan, menjaga kemaslahatan, dan memperkuat persaudaraan. Ini tentu bagian wujud cinta Tanah Air kita di tengah pandemi yang melanda bangsa,” pungkasnya.

Dalam Tausiyahnya H. Purwoto selalu penyuluh agama non PNS menyampaikan keutamaan bulan Ramadhan. “salah satu keutamaan bulan Ramadhan ini adalah doanya orang yang berpuasa tidak tertolak.” terangnya.

“Kita juga bisa mencontoh dari paglima Jendral soedirman, yang  megatakan persatuan akan membawa sebuah kekuatan. Dengan doa bersama ini semoga Bangsa Indonesia terhindar dari segala macam bencana alam serta musibah.” Harapannya.

Acara doa bersama yang dipimpin oleh K. Saeful Muttaqin ini, dilanjutkan dengan buka puasa bersama serta sholat maghrib berjamaah. (dr/ak)