Lengkapi Prestasi MTs Negeri 1 Banjarnegara Dua Siswa PMR Bawa Pulang Piala

Banjarnegara – Bidang yang digemari membawa Fakhrani dan Mukhbita memboyong piala pada ajang lomba Kader Kesehatan Remaja (KKR) tingkat kecamatan Banjarnegara. Dua siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara ini memang sudah aktif di ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di madrasah. Fakhrani dan Mukhbita berjuang melawan siswa SMP/MTs se-Banjarnegara. Mereka berhasil mendapatkan juara 3 dan juara Harapan 1.

Pelaksanaan lomba bertempat di aula Korwil Dikporacam Banjarnegara pada Kamis (10/8). Dua siswa ini didampingi oleh pembina PMR MTs Negeri 1 Banjarnegara, Erma Ratnaningrum. Dalam persiapannya, Erma juga membimbing mereka supaya bisa maksimal dalam mengikuti lomba. Lomba KKR ini memiliki kriteria penilaian yang tidak mudah meliputi uji tulis, karya tulis, presentasi, dan nilai skrining. Penilaian uji tulis menduduki penilaian tertinggi yaitu 50 persen.

“Karena uji tulis menjadi yang paling banyak penilaiannya persiapan Fakhrani dan Mukhbita harus maksimal di sini. Untuk penilaian lain kami juga berlatih dan berusaha. Senang sekali kami bisa mengikuti dan membawa dua piala pada kegiatan yang dilaksanakan oleh tim Usaha Kesehatan Sekolah kecamatan Banjarnegara. Ke depannya kami akan berjuang lagi karena banyak agenda yang menanti,” jelas Erma.

Fakhrani dan Mukhbita harus menaklukkan berbagai macam materi di antaranya kesehatan reproduksi, pubertas, infeksi seksual menular dan HIV-AIDS, imunisasi, PD31, Napza, kesehatan jiwa, stunting, dan germas. Selain itu ada juga penyakit menular, kesehatan gigi, kesehatan mata, PHBS institusi pendidikan, kesehatan lingkungan, sampah, kesehatan olahraga, catatan kesehatanku SLTP sederajat, dan ilmu umum.

Mendapatkan juara 3 dan harapan 1 merupakan sebuah kebanggaan mengingat mereka baru pernah mengikuti lomba ini. Hal ini menjadi acuan bahwa Fakhrani dan Mukhbita beserta teman-temannya harus mempersiapkan diri lebih baik untuk agenda lomba berikutnya. Dua piala dari ekstrakurikuler PMR menambah koleksi kejuaraan di MTs Negeri 1 Banjarnegara. (rin)