Banjarnegara – Untuk mencapai harapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Madrasah, MTs N 1 Banjarnegara pun melakukan kolaborasi dengan Balai Diklat Keagamaan Semarang.
Kamis, (22/6) di hari kedua kegiatan IKM MTs N 1 Banjarnegara, Dr. Fatma Widyastuti selaku narasumber memberikan informasi tentang Teknik Pengolahan Asesmen Formatif dan Sumatif Kurikulum Merdeka.
Sebagaimana diketahui, Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan dan pencapaian hasil belajar peserta didik.
“Jenis asesmen sesuai fungsinya mencakup: asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as Learning), asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for Learning), dan asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment of learning).” terang wanita alumni program doktoral Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Menurutnya, selama ini pelaksanaan asesmen cenderung berfokus pada asesmen sumatif yang dijadikan acuan untuk mengisi laporan hasil belajar.
“Hasil asesmen belum dimanfaatkan sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran. Pada pembelajaran paradigma baru, pendidik diharapkan lebih berfokus pada asesmen formatif dibandingkan sumatif dan menggunakan hasil asesmen formatif untuk perbaikan proses pembelajaran yang berkelanjutan.” tambahnya.
Kegiatan yang dilaksanakan dari pagi sampai menjelang senja, Fatma pun memberikan salah satu contoh penerapan asesmen formatif.
Tentunya, Asesmen pada IKM berfungsi sebagai bahan refleksi diri, yang nantinya dapat digunakan oleh Pendidik sebagai data/informasi untuk mengkonfirmasi capaian hasil belajar peserta didik.
Selain itu, penilaian atau asesmen formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Sesuai dengan tujuannya, asesmen formatif dapat dilakukan di awal dan di sepanjang proses pembelajaran.
Melalui asesmen ini, guru dapat mengidentifikasi kebutuhan belajar murid, hambatan atau kesulitan yang mereka hadapi, serta untuk mendapatkan informasi perkembangan murid. (ran)