Lomba Antarkelas Menjadi Wadah Kreativitas Siswa

Banjarnegara – Sabtu, (6/11/2021) MTs Negeri 1 Banjarnegara melaksanakan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Pada kesempatan ini, Abdul Majid selaku ketua panitia memberikan sambutan dan menyampaikan beberapa hal.

Pertama, Abdul Majid menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Allah atas terselenggaranya acara Maulid Nabi ini. Tanpa nikmat dan izin dari-Nya tidak mungkin acara ini terselenggara. Abdul Majidpun mengajak hadirin untuk senantiasa bersyukur atas kasih sayang Allah yang selalu diberikan kepada para hamba-Nya.

Kedua, acara ini dapat terselenggara atas kerja sama berbagai pihak. Kerja sama tersebut tentu melibatkan kepala madrasah, dewan guru yang menjadi panitia, para wali kelas yang sudah membimbing siswanya untuk mengikuti lomba, dan siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara yang telah sukses mengikuti lomba-lomba dalam rangka Maulid Nabi ini.

“Maulid Nabi ini merupakan puncak dari rangkaian acara yang kami selenggarakan sejak dua hari lalu. Pada tanggal 3 dan 4 November 2021 siswa antarkelas mengikuti berbagai lomba. Lomba tersebut adalah lomba adzan, lomba kaligrafi, lomba bercerita kisah teladan Nabi, olimpiade PAI, dan asmaul husna,” jelas Abdul Majid.

Lomba-lomba ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi siswa supaya kreativitas mereka terasah. Efek dari pandemi covid-19 salah satunya adalah terhambatnya siswa dalam menyalurkan bakat dan minat. Lomba-lomba ini hadir guna memfasilitasi siswa untuk menyalurkan bakat dan minat yang dimiliki siswa. Abdul Majid juga menghimbau siswa untuk semangat mengikuti lomba dengan diniati menambah mahabah kepada Nabi Muhammad SAW.

Ketiga, Menteri Agama MTs Negeri 1 Banjarnegara ini berharap apa yang akan disampaikan dalam acara puncak Maulid Nabi Muhammad ini akan memberikan hikmah kepada keluarga MTs Negeri 1 Banjarnegara. Hikmah ini bisa dicapai dengan meneladani sifat-sifat Rasulullah Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi SAW ini merupakan salah satu program PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Eko Widodo, kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara menyampaikan untuk agenda PHBI yang lain nanti bisa diadakan lomba antarkelas lagi.

“Lomba antarkelas ini sangat cocok untuk mencari bibit-bibit unggul dalam bidang tertentu. Hal ini bisa menjadi regenerasi siswa berprestasi supaya prestasi Madtsansa semakin mendunia.” ujar Eko Widodo. (rin/ak)