Makin Produktif Di Masa Pandemi, Siswa MAN 1 Banjarnegara Ikuti Ekstrakulikuler Tata Busana

Banjarnegara – Di masa pandemi Covid-19, siswa MAN 1 Banjarnegara tetap aktif dan produktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tata busana dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlangsung di ruang tata busana dengan jumlah peserta sementara 15 siswa. (19/2)

Ita Lusvitasari, selaku pembina ekstrakulikuler tatabusana menyatakan siap untuk memberikan bimbingan secara optimal walaupun di masa pandemi dan hanya diikuti 15 siswa. 

“Selama pandemi Covid-19 ini, pertemuan di batasi sesuai protokol kesehatan. Mereka dibagi dalam dua kelompok, untuk kelas XI, hari Selasa dan Jumat sedangkan kelas X hari Kamis. Dan bagi siswa yang membutuhkan konsultasi di luar jadwal ekstrakurikuler akan dilayani secara online,” terangnya.

Beliau juga menyatakan bahwa ketekunan dan semangat para siswa dalam mengikuti ekskul tata busana ini juga tidak berkurang, meskipun jadwal pembimbingan tatap muka dipangkas, dari satu minggu 3 kali menjadi 2 kali. Namun mereka malah makin produktif, dimana biasanya untuk membuat satu rok saja membutuhkan waktu 4-5 kali pertemuan, sekarang dalam 3 kali pertemuan saja sudah jadi.

Asih, salah seorang siswa menuturkan bahwa ia tidak mau membuang-buang waktu setelah pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“PJJ kan selesai pukul 11.15. Saya pikir masih ada banyak waktu luang di luar itu. Maka saya manfaatkan untuk membuat baju di masa pandemi Covid-19 ini.  Malah jadi cepat selesai menjahitnya dan tidak mengganggu belajar,” tuturnya.

 Sementara itu, Waka Kurikulum, Indriyani menerangkan dengan adanya ekskul tata busana ini diharapkan mampu membekali siswa MAN 1 Banjarnegara untuk memiliki kesiapan berwirausaha nantinya setelah lulus madrasah. “Modal pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh selama mengikuti ekskul tata busana akan menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi pada prodi tata busana,” jelasnya (swh/ak)