MAN 1 Banjarnegara, Persiapkan Boarding School

Banjarnegara – Kepala MAN 1 Banjarnegara, H. Sunaryo, melakukan rapat koordinasi terbatas dengan para Wakil Kepala dan Pengurus Boarding School dalam rangka rencana penyelenggaraan boarding school atau asrama MAN 1 Banjarngera, Senin (15/1) di ruang kerjanya.

Dalam sambutan, Sunaryo menyampaikan rencana penyelenggaran boarding school MAN 1 Banjarnegara akan dimulai pada awal Tahun Pelajaran 2021/2022, dan bersifat selektif bagi calon siswa yang memiliki minat dan motivasi cukup kuat dari dalam dirinya  

“Penyelenggarakan asrama ini nantinya akan menargetkan siswa putra 20 dan siswa putri 20 melalui seleksi minat dan kemampuan bidang agama. Dan program asrama ini nantinya meliputi pendampingan belajar setiap malam, kajian kitab kuning, pendalaman ilmu gramatika Bahasa Arab seperti nahwu, shorof, balaghoh, sehingga anak asrama harus lebih pandai dari yang tidak asrama,” tegasnya.

Beliau juga menuturkan penyelenggaraan asrama ini dilatarbelakagi oleh input sebagian besar siswa madrasah berasal dari SMP yang perlu sentuhan materi khusus dalam hal pembiasaan dan akhlaq. Selain itu perlunya penguatan pembekalan keterampilan agama.

Sebagai langkah awal penyelenggarakan asrama ini, Kepala Man 1 telah membentuk dan menunjuk musyrif/musyifah sebagai pendamping harian santri. Musyrif/musyifah ini terdiri dari guru/pegawai yang memiliki kepedulian tinggi terhadap santri. Dan sebagai Mudir dipilih H. Sunar, yang dipandang memiliki kompetensi di bidang agama.

Adapun lokasi asrama nantinya berada di lingkungan madrasah. Asrama putra di sebelah timur, asrama putri di sebalah barat, sedangkan sekretariat berada di tengah sehingga bisa menghubungkan antara asrama putra dan asrama putri. “Dan rencananya louncing asrama madrasah ini bertepatan dengan Hari Santri Nasional (HSN), 22 Oktober 2021.” imbuhnya (swh)/ak