Membanggakan, Pencak Silat MIMAU Raih Juara Putra-Putri Porsema Kabupaten 2023

Banjarnegara – Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif (Porsema) ke XII yang dilaksanakan dua tahun sekali, dan hanya terhenti saat pandemic ini adalah ajang bergengsi yang dinanti – nanti siswa, karena pada kegiatan inilah siswa menunjukkan bakat dan kemampuannya. PORSEMA diikuti oleh madrasah-madrasah Ma’arif se-kabupaten Banjarnegara. Tekad dan semangat yang ditunjukkan oleh pasangan pencak silat dari MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo (MIMAU) juga ikut mewarnai Porsema cabang Pencak silat Wiraloka yang dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Al Fatah pada hari Kamis (12/1).

Pada cabang ini, peserta harus menampikan jurus Baku Pagar Nusa, yaitu dimulai dari Salam Pagar Nusa kemudian dilanjutkan jurus 1 sd 9. Jurus tersebut adalah jurus baku untuk tingkat (SD/MI) (MTs/SMP) dan (SMA/MA/SMK) dan ditutup dengan salam Pagar Nusa.

Dua pasang yang mengikuti Pagar Nusa dari MIMAU, yaitu pasangan putri  Meliana Dwi lestari ,Chagiya Muqsih yoja Az-Zahra, serta pasangan putra  Naufal Fawaz Dhiaulhaq dan Danis Aldebaran Putra Santosa semuanya menampilkan jurus baku secara maksimal dan waktu yang tepat dan sesuai. Jurus diperagakan oleh mereka sesuai urutan jurus, urutan gerak, dan rincian teknik jurus dilakukan dengan benar nan lincah.

“Membanggakan memang, mereka tampil dengan irama gerak, kemantapan dan penjiwaan yang yang sesuai. Mereka terlihat percaya diri dan Gerakan yang mantap dan lincah semoga nanti terbaik,” ucap Ana selaku coordinator setelah mereka tampil dalam lomba tersebut.

Mely berpasangan dengan Chaca panggilan akrabnya memakai pakaian sacral pagar nusa, begitupun Danish dan Nauval.  Mereka melakukan jurus baku Pagar Nusa berpasangan, saling berhadapan.tanpa ada variasi senjata. Waktu peragaan untuk peragaan jurus Baku Pagar Nusa adalah maksimal 3 menit. Dan mereka melakukannya dengan tepat.

Para peserta lomba ini maju bergantian, dipanggil sesuai urut undi sampai akhir. Dan pada saat pengumuman, Alhamdulillah dari MIMAU semuanya masuk juara. Pasangan putra meraih juara I atau terbaik di Kabupaten, sedangkan pasangan putri mendapatkan juara II.

“Alhamdulillah, Latihan – Latihan di setiap Minggu di pembelajaran ekstrakurikuler membuahkan hasil, dan kami berharap untuk melaju tingkat propinsi semoga mendapatkan kelancaran dan kemudahan,” ucap Roso selaku pelatih atau guru ekstra kurikuler MIMAU.

Dengan rasa bahagia dan bangga team MIMAU sangat bersyukur menggotong piala setelah pengumuman pada cabang pencak silat ini. Mereka terlihat bersemangat sekali dan senyum lebar ditunjukkan kepada guru – guru mereka. (wk)

Bagikan :
Translate »