Menang MTQ Cabang Tilawah Ditingkat Kecamatan, Mimau Siap Melaju Ke Tingkat Kabupaten

Banjarnegara – Senin (21/11) Arutala Dzikri Harmoni dan Gendis Diaz Zahra dari MIMAU Joyokusumo mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an cabang Tilawah di Tingkat Kecamatan Banjarnegara. Bertempat di Gedung MI Al Fatah Parakancanggah Banjarnegara semua peserta dari masing – masing madrasah di wilayah kecamatan Banjarnegara mengikuti MTQ.

Dimulai pukul 08.15 pelaksanaan MTQ ini diawali dengan Pembukaan, yaitu ummul kitab. Dihadiri oleh kepala KUA Kecamatan Banjarnegara, dewan hakim, semua kepala madrasah, pendamping lomba serta peserta kategori putra dan putri ini bersemangat menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan semangat. Acara dilanjutkan sambutan, motivasi serta membuka acara MTQ oleh Mushobihin selaku Kepala KUA.

“Marilah untuk mendapatkan ridho Allah, kita buka dan mulai MTQ Cabang Tilawah ini dengan membacakan suratul fatihah, semoga diberi kelancaran sampai dengan selesai tidak ada halangan suatu apapun,” ucap Mushobihin membuka acara tersebut.

Setelah itu, Durrotun nafisah selaku shohibul bait memimpin menutup kegiatan dengan doa. Kemudian ketua panitia, Wahyul Khomisah membacakan tata tertib lomba MTQ. Peserta mengambil nomor undi masing – masing. Dari MIMAU, Arutala mendapatkan nomor undi 2 yang akan membacakan Maqra – surah Luqman dimulai ayat 12. Sementara itu Gendis dengan nomor undinya 8 melantunkan maqra surah al mujadalah ayat dimulai 11.

Setelah satu persatu tampil dengan maqra masing – masing, dewan juri merekap nilai dari masing – masing bidang. Hakimudin yang notabene Qori Banjarnegara mewakili juri mengumumkan kejuaraan kategori putra dan putri. Alhasil Arutala menjadi peserta terbaik putra dan mendapatkan juara I dengan nilai yang cukup memuaskan 89. Dan MIMAU di kategori putri mendapat juara II.

“Kami ucapkan selamat kepada semua peserta terutama yang menjadi jura I atau terbaik di Kecamatan, karena besok di hari Rabu 23/11 kalian semua harus siap tampil di Kabupaten,” ungkap Hakimudin.

Begitu bersyukurnya Arutala yang baru pernah mengikuti event MTQ, karena memang memiliki bakat dan memiliki suara yang cukup bagus dengan penguasaan lagu dan nada tingginya. MIMAU siap melaju tingkat Kabupaten Banjarnegara, dengan maqra yang ditentukan dari Kabupaten.

“Bukan hal mudah melatih anak usia MI apalagi masih duduk di kelas IV ini, hanya waktu dua hari harus menguasai surah dan ayat baru, semoga dengan adanya pelajaran Tilawah oleh Masitoh yang diberikan setiap satu minggu sekali anak – anak sudah lebih akrab dengan lagu – lagu di Tilawah meski berganti surat,” tutur Wahyul Khomisah selaku Kepala Madrasah sekaligus Pembina lomba. (wk)

Bagikan :
Translate »