MI Cokroaminoto Pingit Pantau Shalat Fardu Secara Online

Banjarnegara – MI Cokroaminoto Pingit melaksanakan kegiatan pemantaun shalat fardu siswa secara online menggunakan handphone (HP). Kegiatan pemantauan merupakan wujud kerjasama guru madrasah dengan wali murid. Kegiatan ini dilakukan demi kelancaran program kegiatan pembiasaan shalat di rumah yang telah dicanangkan sejak masa pandemi Covid-19 dan pemberlakuan pembelajaran daring.

Tri Wahyuni selaku Kepala MI Cokroaminoto Pingit mengatakan bahwa program pemantauan pembiasaan shalat fardu secara online (menggunakan hp) sudah berjalan sejak awal semester genap tahun pelajaran 2020/2021. “ Ini merupakan program kegiatan madrasah dalam rangka pembiasaan shalat dirumah, karena sebelum adanya Covid-19 pembiasaan shalat sudah dilakukan di madrasah,” pungkasnya pada Jumat (12/3)

Program pemantauan shalat fardu ini dilaksanakan oleh masing-masing guru kelas menggunakan link google form yang dikirim melalui grup WA dan harus diisi oleh wali murid. “Semua pertanyaan sudah disediakan altenatif jawabannya dengan memilih satu jawaban yang sesuai. Selanjutnya guru kelas melakukan cek hasil pemantauan setiap harinya. Google formulir yang kami kirim cukup praktis agar mudah diisi oleh wali murid,” ungkap Sunarso selaku penanggung jawab kegiatan.

Kegiatan pemantauan pelaksanaan shalat fardu juga didukung oleh M. Fuad, selaku ketua komite madrasah, saat ditemui ditempat terpisah mengatakan bahwa shalat yang merupakan rukun Islam kedua yang semestinya adalah tanggung jawab orang tua dalam pemantauannya, tetapi ternyata madrasah ikut andil. Beliau atas nama perwakilan wali murid mengucapkan terima kasih kepada pihak madrasah karena program ini memberikan dampak positif pada  penanaman kedisiplinan, kejujuran dan rasa tanggung jawab bagi siswa. (S/ak)