MI NU 02 Situwangi Galakkan Kembali Program Sabtu Bersih

Banjarnegara – Annadhaafatu minal iman, kebersihan itu sebagian dari iman. Hadits Nabi tersebut menjadi salah satu rujukan MI NU 02 Situwangi merancang adanya Program Sabtu Bersih. Program tersebut merupakan kegiatan rutinitas mingguan yang sudah lama berjalan tetapi sempat terhenti karena adanya pandemi covid 19.

Dengan adanya pembelajaran tatap muka terbatas (PTM) yang sudah dimulai di MI NU 02 Situwangi dimana dalam pelaksanaannya kebersihan merupakan salah satu syarat dan tolak ukur dalam memperhatikan faktor kesehatan, maka pada Sabtu ini (22/5) Program Sabtu Bersih digalakkan kembali.

Pelaksanaan program kali ini hanya dilaksanakan oleh guru saja mengingat dalam masa pandemi kegiatannya harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan selalu menjaga jarak. Untuk sementara siswa belum dilibatkan sampai keadaan normal kembali untuk menghindari adanya kerumunan.

Ditemui di tempat kerjanya, Ismangil selaku kepala madrasah menyampaikan bahwa Program Sabtu Bersih merupakan salah satu program madrasah untuk menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Dengan menjaga kebersihan akan tercipta kenyamanan dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar).

“Program Sabtu Bersih MI NU 02 Situwangi ikut berperan dalam pencegahan Covid 19 karena lingkungan yang bersih dapat mencegah penyebaran virus dan bakteri,” jelanya. 

“Dengan Program Sabtu Bersih diharapkan kebersihan madrasah dan lingkungan sekitar madrasah tetap terjaga dan terpelihara sehingga tercipta kenyamanan, kesehatan dan keindahan,” imbuhnya

Selain itu dengan adanya program ini akan tumbuh semangat gotong royong, kerjasama dan kekompakan dimana hal tersebut merupakan karakter yang harus dimiliki oleh semua guru dan siswa MI NU 02 Situwangi. (rw/ak)