Mimau Gandeng Puskesmas Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Banjarnegara – Kebersihan anggota badan sangatlah penting untuk diperhatikan. Dan seharusnya sudah menjadi kebiasaan atau rutinitas harian dalam kita menjaganya agar kita merasa nyaman menjalani aktivitas harian. Diantaranya yang perlu diperhatikan yaitu kebersihan mata, hidung, gigi/mulut, telinga, kuku dan anggota lainnya.

Seperti yang terlaksana hari ini yaitu penyuluhan dan penjaringan kesehatan serta pemeriksaan berkala UPTD puskesmas Banjarnegara 2 di MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo (MIMAU), Sabtu (27/08).

Berjumlah 5 petugas dari Puskesmas 2 Banjarnegara yang melakukan penjaringan kesehatan di MIMAU. Kegiatan tersebut merupakan program tahunan dari UPTD Puskesmas, dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan anak sejak awal masuk tahun ajaran baru, sehingga ketika ada organ tubuh yang mengalami gangguan dapat diketahui sejak dini.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00 wib dengan dimulai dari kelas I hingga kelas VI. Dengan dibantu oleh seluruh dewan guru MIMAU baik wali kelas dan ataupun guru mapel, kegiatan tersebut berjalan lancar dan tertib. Selain pemeriksaan kesehatan tubuh anak juga dilaksanakan pengukuran tinggi badan dan berat badan. Dilanjutkan pemeriksaan mata, gigi dan anggota tubuh lainnya.

Setelah selesai, salah satu petugas menerangkan, apabila kondisi tersebut dibiarkan dalam waktu lama, maka dikhawatirkan berpengaruh pada kesehatan dan prestasi anak.

“Jika ada kondisi mata, telinga serta anggota tubuh lainnya tidak berfungsi maksimal nantinya berdampak kurang pada penangkapan materi, sehingga kegiatan belajar mengajar tidak berjalan baik,” jelas Sovia, salah satu petugas puskesmas.

Pemeriksaan Kesehatan bertujuan agar kebersihan dan kesehatan peserta didik MIMAU dapat selalu terkontrol dengan baik, selain itu supaya proses pembelajaran dapat berjalan maksimal dan dengan harapan seluruh materi dapat tersampaikan dan diterima dengan baik.

“Kegiatan penjaringan ini sangat tepat, semoga berdampak positif pada anak dan supaya anak bisa selalu menjaga kebersihan dan memiliki kesadaran tinggi pentingnya berperilaku hidup bersih. Selain itu juga siswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan lancar tanpa ada gangguan Kesehatan,” ujar Wahyul.(nf/wk)

Bagikan :
Translate »