MTs Andalusia Sukses Gelar PAT Berbasis Digital

Banjarnegara – Siswa kelas IX MTs Andalusia Banjarnegara melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2020/2021 sejak Senin kemarin. Penilaian akhir tahun ini dilaksanakan guna memenuhi nilai raport semester genap. Hal ini berkaitan dengan ditiadakannya Ujian Nasional, sehingga standar kelulusan siswa Madrasah ditentukan melalui nilai raport, dan nilai Ujian Madrasah (UM).

Diikuti 88 siswa yang terdiri dari 34 siswa laki-laki dan 54 siswa perempuan. sebanyak 73 siswa mengikuti PAT secara luring dan 15 siswa mengikuti PAT dengan sistem daring. Dalam pelaksanaannya, penilaian akhir tahun akan dilaksanakan secara digital (paperless), dengan platform google form. Hal tersebut sejalan dengan MTs Andalusia yang mengusung Madrasah dengan basis digital.

Pelaksanaan PAT ini tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang juga telah menjadi komitmen MTs Andalusia sebagai upaya medukung pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19. Terlebih, MTs Andalusia telah mengantongi izin untuk dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka sejak awal semester genap lalu.

Pelaksanaan PAT berbasis digital ini sebenarnya bukan hal baru bagi siswa-siswi MTS Andalusia, hal ini karena dalam kegiatan pembelajaran maupun ulangan harian para siswa sudah terbiasa memanfaatkan fasilitas yang disiapkan oleh Google terutama Google form.

“Alhamdulilah, setelah berlangsung selama dua hari, overall PAT berjalan secara lancar. Hal itu dibuktikan dengan tidak adanya siswa yang telat, ataupun menemui kendala selama pelaksanaan.” Ungkap Atif Solehudin, S.Pd ketua panitia PAT MTs Andalusia (Rabu, 17/3).

Atif menambahkan, karena PAT masih akan berlangsung hingga Senin depan (22/3) makai a berharapbahwa seluruh rangkaian PAT dapat berjalan lancar dan para siswa dapat mendapatkan nilai yang baik.

“Semoga Allah senantiasa memberikan kelancaran dan kemudahan untuk PAT ini. Selain itu, tentunya harapan saya untuk para siswa kelas IX, semoga semuanya mendapat nilai yang memuaskan,” pungkasnya. (Ytww/sy/mnh).