MTs Maarif NU 01 Susukan Rutinkan Ngaji Kitab Kuning

Banjarnegara – MTs Ma'arif NU 01 Susukan merupakan sebuah sekolah yang memiliki beberapa program kegiatan diantaranya yaitu mengaji kitab kuning setiap dua kali satu Minggu. Yakni setiap hari Senin dan Sabtu serta kitab yang dipelajari adalah Durorul Bahiyah yang diikuti oleh seluruh guru dan staf TU MTs Ma'arif NU 01 Susukan.

Kitab Durarul Bahiyyah adalah sebuah kitab yang disusun oleh Syaikh al-‘Allamah Abu Bakr Utsman bin al-‘Arif Billah Sayyid Muhammad Zainuddin Syatha al-Dimyathi al-Syafi’i. Kitab ini menerangkan kelebihan ilmu dan kelebihan ilmu fikih dibanding ilmu yang lain. Pada fasal pertama diterangkan menenai asas aqidah yang perlu diketahui. Selanjutnya, dijelaskan mengenai beberapa kewajiban dan perkara yang berkaitan dengan fiqh ibadah dalam rukun Islam serta yang lainnya. Bisa dikatakan kandungan utama kitab ini adalah mengenai bidang fikih yang beraliran Mazhab Al-Syafi'i.

Kegiatan mengaji kitab Durorul Bahiyah merupakan kegiatan rutin yang sudah dilaksanakan hampir dua  tahun. Dimana program tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah, M.Nur Imam Fathoni sebagai wujud melaksanakan kewajiban mencari ilmu serta mempererat kekeluargaan antar guru dan staff TU.

“Ini merupakan salah satu wadah dalam rangka mencari ilmu dan membagikan sedikit ilmu yang saya miliki, setidaknya kita bisa saling berbagi pengetahuan di kegiatan ini, dan tentunya kita juga tetap memperhatikan protokol kesehatan. Karena dalam kondisi covid-19 seperti ini tidak hanya imun saja yang ditingkatkan melainkan iman juga perlu ditingkatkan sehingga akan menghadirkan rasa aman pada diri kita,” terangnya Senin (8/3)

Beliau berharap kegiatan ini akan terus Istiqomah dilaksanakan agar ilmu yang disampaikan dapat bermanfaat serta bekal bagi guru dan staff dimasa depan. Sebab, tidak ada hal yang menyenangkan kecuali saat  berdiskusi mengenai ilmu. (yig/ak)